Sukses

PAN Gelar Rapimnas Hari Ini

Gelar Rapimnas, PAN Akan Jelaskan Sikap dan Hubungannya dengan KMP

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) hari ini akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (rapimnas). Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan rencananya akan menjelaskan sikap partainya yang mendukung pemerintahan Jokowi-JK serta hubungannya dengan Koalisi Merah Putih (KMP).

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno ‎mengatakan, Rapimnas yang digelar, Jumat (4/9/2015) ini akan dihadiri seluruh kader dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN. Para kader juga akan diberi pemahaman secara langsung terkait bergabungnya PAN di pemerintahan.

"‎Rapimnas di Kantor DPP PAN, saya kira sekitar 95% DPW hadir.‎ Besok (hari ini) juga akan diberikan pemahaman ‎terkait bergabungnya PAN ke pemerintahan," ujar Eddy saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta pada Kamis 3 September 2015.

Meski demikian, Eddy menegaskan, bahwa PAN tetap berada di Koalisi Merah Putih (KMP) dan tidak bergabung ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

"Tapi PAN masih di KMP. Saya tegaskan lagi ini bergabungnya PAN di pemerintahan, bukan di KIH," ucap dia.

Eddy juga membantah jika ada kadernya yang menentang sikap PAN tersebut. Menurut dia, beberapa kader di daerah ada yang tidak mendapatkan pemahaman terkait sikap PAN terhadap pemerintahan Jokowi-JK.

"Mungkin mereka yang belum dapat pemahaman menyeluruh. Mungkin karena baru lihat pemberitaan di media atau di medsos. Jadi besok akan diberi pemahaman langsung oleh Pak Ketum," pungkas Eddy.

Sebelumnya, ‎sejumlah petinggi KMP menggelar pertemuan tertutup terkait sikap PAN yang mendukung pemerintah. Mereka meminta penjelasan langsung dari Ketum PAN Zulkifli Hasan.

‎Dalam pertemuan itu, seluruh petinggi KMP menyatakan telah memahami sikap PAN dalam mendukung pemerintah. Mereka juga menegaskan bahwa PAN tetap bersama KMP dan tidak pernah bergabung dengan (KIH).

"Kami tidak pernah mendengar PAN bergabung ke KIH atau PAN keluar KMP. Tadi berdasar penjelasan Pak Zulkifli, kami semua menghormati sikap PAN yang bergabung mendukung pemerintahan," ucap Ketum Partai Golkar Aburizal Bakrie. (Ndy/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini