Sukses

Jadi Dirjen Imigrasi, Kapolda Bali Tunggu Instruksi Kapolri

Kapolda Bali Irjen Pol Ronny F Sompie lolos seleksi sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Liputan6.com, Denpasar - Kapolda Bali Irjen Pol Ronny F Sompie lolos seleksi sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Ia pun harus mencopot bintang jenderalnya alias keluar dari institusi Polri.

Namun Ronny masih enggan berkomentar banyak terkait hal tersebut. Ia lebih memilih menunggu instruksi Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti.

"Kita tunggu instruksi Bapak Kapolri," kata Ronny, Sabtu (25/7/2015).

Lolosnya Ronny sebagai Dirjen Imigrasi Kemenkumham ternyata sudah didengar jajaran anak buahnya di Polda Bali. "Kita sudah dengar kabar itu. Semua sudah dengar," ujar Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hery Wiyanto.

Menurut Hery, sejak awal memang keinginan Kapolda mengikuti seleksi Dirjen Imigrasi Kemenkumham. "Itu pilihan beliau, seperti sudah disampaikan. Kalau bukan karena keinginannya, untuk apa beliau ikut seleksi," ucap Hery.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan, pengangkatan Ronny sebagai Dirjen Imigrasi hanya tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres). "Sudah diterima, tinggal menunggu Keppres," kata Badrodin di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat 24 Juli.

Badrodin mengatakan, jika sudah dilantik, nanti jabatan Ronny sebagai Kapolda Bali dan jenderal bintang dua otomatis tidak akan melekat. Hal ini karena Ronny akan beralih status menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), bukan lagi sebagai perwira polisi.

"Tidak pensiun dini, tapi alih status," ucap Badrodin.

Dia pun mengaku saat ini telah mengantongi sejumlah nama perwira polisi untuk menggantikan posisi Ronny sebagai Kapolda Bali. Namun, Badrodin masing enggan membeberkan lebih jauh. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.