Sukses

Belum Diajak Bicara Soal Kabinet, PAN Tunggu "Pinangan" Jokowi

Jika diajak menduduki kursi menteri setelah reshuffle, PAN akan memikirkannya dengan matang.

Liputan6.com, Jakarta - Isu reshuffle atau perombakan kabinet pemerintahan Jokowi-JK kian santer. Bahkan ada kabar berembus jika Presiden Jokowi akan me-reshuffle beberapa menterinya dan memasukkan kader partai politik yang bukan menjadi koalisinya, yakni Partai Amanat Nasional (PAN).

Namun saat dikonfirmasi, Ketua DPP PAN, Yandri Susanto, mengaku partainya masih menunggu "pinangan" resmi dari Jokowi untuk masuk Kabinet Kerja.

"Ya sampai sekarang ajakan itu secara resmi belum ada. Ya, kita tunggu aja dulu apa PAN benar-benar diajak atau tidak," kata Yandri saat dihubungi di Jakarta pada Senin 6 Juli 2015.

Menurut dia, jika diajak menduduki kursi menteri setelah reshuffle, PAN akan memikirkannya dengan matang. Keputusan itu akan diambil setelah rapat internal partai.

"Kalau pun diajak kita akan bicarakan melalui mekanisme partai. Misalnya melalui rapat harian atau pleno DPP PAN bahkan kalau perlu melalui rapimnas," tandas anggota Komisi II DPR tersebut.

Isu reshuffle Kabinet Kerja Jokowi-JK kembali santer setelah Presiden Jokowi mengaku kecewa saat mendapati tidak ada perkembangan percepatan waktu bongkar muat barang (dwelling time)‎ di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dia pun mengancam beberapa menteri dan pejabat tinggi yang terkait untuk dicopot demi memperbaiki pelayanan pelabuhan perdagangan terbesar di Indonesia tersebut.

Selain itu, isu reshuffle juga semakin kencang setelah ramai rekaman salah satu menteri yang menjelek-jelekkan Presiden bernama lengkap Joko Widodo tersebut. (Ali/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • PAN