Sukses

Kapolda: Perampok Minimarket di Jakarta-Bekasi Komplotan Begal

Liputan6.com, Jakarta - ‎Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian menyatakan, keamanan di Jakarta saat ini relatif kondusif.‎ Kecuali permasalahan perampokan minimarket yang masih kerap terjadi di kawasan Ibukota dan sekitarnya.

Namun demikian, Tito mengaku sudah mengidentifikasi kelompok penjahat itu. Penjahat bersenjata yang beraksi di kawasan Jakarta Timur dan Bekasi itu merupakan kelompok begal.

‎"Pelakunya sudah teridentifikasi, ada kelompoknya kita sudah tahu. Ini yang beraksi di Jakarta Timur, Bekasi, sama pelakunya yang menggunakan pistol. Ini sebenarnya kelompok-kelompok begal itu juga," ujar Tito usai rapat ‎dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota, Kamis (25/6/2015).

‎Saat ini pihaknya tengah mengejar komplotan kejahatan itu. "Sekarang kita lagi bekerja keras untuk mengejar mereka (pelaku). Orang-orangnya sudah tahu. Ya mohon doanya saja mudah-mudahan dalam waktu singkat (tertangkap),"‎ tutur dia.

‎Untuk menekan angka perampokan minimarket, Polda Metro Jaya telah memperbanyak personel dan jam patroli. Selain itu, pihaknya juga mempunyai teknik khusus yang tidak bisa diungkapkan ke publik.

"Tapi ada satu teknik lain yang saya nggak sampaikan ke publik karena sifatnya sangat rahasia untuk mengamankan minimarket-minimarket itu. Tapi yang jelas kelompoknya itu-itu saja. Saya yakin kalau sudah tertangkap kelompok ini, selesai," tegas Tito.

Selama kurun waktu Juni 2015 telah terjadi 11 kasus perampokan yang menyasar minimarket di wilayah Jakarta dan Bekasi. Aksi kejahatan tersebut selalu berjalan singkat karena diduga pelaku lebih dulu membaca situasi keamanan di lokasi target.

Kejadian terbaru menyasar sebanyak 3 minimarket di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Selasa 23 Juni 2015. Kejadian berlangsung cepat dan hanya dalam waktu semalam.

‎Ketiga minimarket yang disatroni perampok itu, yakni di Jalan Kemang Sari, Kelurahan Jati Kramat, Jatiasih dan minimarket di Perumahan PAM Jaya, Jati Kramat, Jati Asih, serta, minimarket di Jalan Nakula, Jakasetia, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. (Mut)