Sukses

Malaysia Langgar Batas Wilayah, Ini Langkah Panglima TNI Moeldoko

Panglima yang akan memasuki masa pensiun pada Agustus 2015 mendatang itu mengaku akan meminta klarifikasi dengan otoritas Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menilai Malaysia telah melanggar perjanjian kesepakatan batas wilayah 2 negara di Ambalat.

Pelanggaran itu terjadi beberapa kali ketika kapal perang dari negeri jiran tersebut beberapa kali memasuki wilayah Ambalat yang berada di Kalimantan Utara.

"Sebenarnya kita sudah bersepakat dengan panglima mereka ya, untuk masalah Ambalat supaya jangan terulang lagi. Kita harus saling menjaga saja," ujar Moeldoko sebelum mengikuti rapat paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/6/2015).

Panglima yang akan memasuki masa pensiun pada Agustus 2015 mendatang itu mengaku akan meminta klarifikasi terlebih dulu dengan otoritas keamanan di Malaysia. Setelah itu, barulah Indonesia mengeluarkan sikap tegas terkait masalah ini.

"Kita dalam dunia diplomasi diawali dari yang soft dulu, kenapa lu mesti begitu, kan gitu," kata Moeldoko.

Walau telah dilakukan upaya diplomasi yang menghasilkan beberapa kesepakatan, namun wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia di Ambalat kerap menjadi persoalan. Sepanjang 2015 saja, terjadi 9 kasus masuknya kapal Malaysia ke wilayah Ambalat.

Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri pun telah berulang kali mengeluarkan nota protes kepada pemerintah Malaysia atas terjadinya hal tersebut. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.