Sukses

Menag: Jamaah Umrah yang Terlantar Dipulangkan Siang Ini

Lukman berjanji akan menindaklanjuti kasus tersebut dengan serius dan akan menjatuhkan sanksi kepada pihak yang melanggar aturan.

Liputan6.com, Jakarta - Jamaah umrah yang tertahan kepulangannya di Arab Saudi karena ditelantarkan oleh agen travel yang memberangkatkan mereka, hari ini akan dipulangkan ke Tanah Air. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan hal itu melalui twitternya @lukmansaifuddin, Jumat (22/5/2015) pagi.

"Alhamdulillah, insya Allah siang nanti seluruh jamaah yg tertahan ber-hari2 di Jeddah seusai berumrah, bisa pulang ke tanah air. #5Pasti," demikian ciutan yang ditulis Menag Lukman.

Di twitternya Lukman menjelaskan, tertahannya jamaah umrah tersebut akibat 'salah urus' Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan hal ini harus diakhiri.

Agar kasus ini tidak terulang, Lukman berjanji akan menindaklanjuti kasus tersebut dengan serius dan akan menjatuhkan sanksi kepada pihak yang melanggar aturan. Dia juga mengimbau agar masyarakat cermat memilih PPIU atau biro travel umrah.

Puluhan jamaah sebelumnya diberitakan tak bisa kembali ke Tanah Air karena paspor mereka 'ditahan' seseorang yang ditunjuk pihak travel lantaran belum melunasi biaya hotel.

Berdasarkan paket umrah, seharusnya jemaah hanya berada di Arab Saudi selama 9 hari. Namun, hingga 15 hari mereka belum juga bisa pulang ke Tanah Air. Pihak travel disebut-sebut lepas tangan dalam hal ini. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.