Sukses

Detik-detik Penangkapan Mucikari RA dan Artis AA

Agar mucikari RA dan artis AA tidak curiga, polisi menyamar dengan berpenampilan bak orang berdompet tebal.

Liputan6.com, Jakarta - Jumat Mei 2015 menjadi hari nahas bagi Robbie Abbas alias Obbie atau RA. Bisnis prostitusi online yang telah dimulainya sejak 2012, harus berakhir malam itu dengan penangkapan yang dilakukan Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Selatan.

Bertempat di salah satu hotel berbintang di Jakarta Selatan, RA yang berprofesi sebagai mucikari dan memiliki beberapa PSK dari kalangan artis tersebut, dibekuk pukul 20.00 WIB. RA berhasil diringkus setelah polisi menyamar untuk memakai jasa PSK yang dikendalikan RA yang berinisial AA.

Penyamaran itu sendiri telah disusun sedemikian rupa oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Selatan, karena jaringan mucikari RA terbilang tertutup. Syarat pembayaran awal atau down payment (DP) yakni 30% dari tarif yang harus dibayar, juga telah disiapkan untuk meyakinkan mucikari RA.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes (Pol) Wahyu Hadiningrat saat konferensi pers, Sabtu 9 Mei 2015, mengungkapkan mengetahui bisnis prostitusi online kelas kakap yang dikendalikan RA dari mulut ke mulut. "Kita pesan langsung ke RA. Prosesnya ya kita pesan, bayar, lalu menyamar. Kita janjian waktu dan tempatnya. Baru kita bayar cash," beber Wahyu.

Guna meyakinkan RA dan AA, polisi menyamar dengan berpenampilan bak orang berdompet tebal. Langkah itu sengaja dipilih agar mucikari RA tidak curiga.

"Penyamaran dilakukan dengan gaya yang meyakinkan dari kelas berada. Supaya RA yakin dan nggak curiga. Karena pelanggannya memang orang-orang kaya," imbuh Wahyu.

Setelah masuk ke dalam kamar hotel, PSK AA yang juga disebutkan berprofesi sebagai artis pun mempersiapkan diri untuk melayani kliennya, yang tak lain adalah anggota polisi yang menyamar. AA masuk ke toilet untuk mempersiapkan diri, seperti yang dilakukannya pada setiap pelanggannya.

"Kalau yang nangkap itu Polwan. Jadi polisi laki-laki keluar waktu AA masuk ke toilet. Pura-pura mau ambil wine di bawah. Ketika keluar dari toilet sudah siap nggak pakai apa-apa. Lalu Polwan yang masuk, langsung diringkus. Pakaian dalam jadi bukti," terang Kasatreskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Audie Latuheru, Senin 11 Mei 2015.

Alhasil artis AA berhasil diamankan dan dijadikan sebagai saksi untuk dimintai keterangannya. Dalam waktu bersamaan, mucikari RA pun ditangkap di lobby hotel dan diamankan sebagai tersangka. (Mvi/Sun)
   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini