Sukses

Anies-Cak Imin Hadiri Pernikahan Anak Rizieq Shihab, Sudirman Said: Pasangan Amin Hormati Keberagaman

Pasangan bakal capres Anies Baswedan dan bakal cawapres Muhaimin Iskandar (Amin) pada Rabu 27 September 2023 menghadiri undangan untuk menjadi saksi pernikahan putri Rizieq Shihab.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar (Amin) pada Rabu 27 September 2023 menghadiri undangan untuk menjadi saksi pernikahan putri Rizieq Shihab sekaligus mengikuti acara Peringatan Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat.

Menurut Koordinator Baja Amin, Sudirman Said, Anies dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin selalu menjalin komunikasi dengan semua kalangan, di mana ini menjadi nilai dan sikap yang baik bagi para pemimpin bangsa.

"Pasangan Amin memberi contoh pengalaman sila ke-3 Pancasila yakni Persatuan Indonesia. Dalam perspektif menghormati keberagaman dan merajut persatuan, para pemimpin bangsa harus punya keterbukaan dan kebijaksanaan berkomunikasi dengan siapa saja, apapun latar belakangnya. Keduanya sedang menjalankan tugas menyatukan semua elemen," ujar Sudirman Said melalui keterangan tertulis, Kamis (28/9/2023).

Dia menambahkan, sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga persiapan maju sebagai bakal capres di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, Anies terus menjaga kebiasaan berkomunikasi dengan seluruh elemen masyarakat.

"Beberapa pekan lalu Anies diundang oleh Komunitas Tionghoa, sebelumnya sejumlah Pendeta Kristen dari Papua menemui Anies, dalam simpul relawan juga banyak aktivis beragama Budha, Hindu, dan Katolik. Inilah keragaman Indonesia yang dengan sadar dikelola Pak Anies dalam bingkai Persatuan Indonesia," tutur Sudirman Said.

Menurut dia, sejak lama Anies Baswedan juga selalu menerima permintaan dari masyarakat untuk menjadi saksi pernikahan.

"Bila waktu memungkinkan, jarang sekali Pak Anies menolak permintaan untuk menjadi saksi pernikahan. Beliau ini kan a family man. Cinta keluarga," kata mantan Menteri ESDM ini.

Saat menghadiri undangan pernihakan putri Rizieq Shihab, Anies dan Muhaimin didampingi oleh pimpinan partai Koalisi ternasuk Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaidz dan Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali. Kehadiran Anies dan Muhaimin disambut hangat oleh Rizieq Shihab dan ribuan hadirin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Anies-Cak Imin dan Habib Rizieq Saling Bergandeng Tangan di Pesta Pernikahan

Sebelumnya, bakal calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak imin) menghadiri acara pernikahan putri Habib Rizieq Shihab Syarifah Fairuz Syihab dan Sayyid Muhammad Bagie Alathas.

Dalam acara tersebut Anies dan Cak Imin hadir untuk menjadi saksi pernikahan. Dalam kunjungannya itu, Anies juga datang bersama Waketum DPP NasDem Ahmad Ali dan Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid. Anies membagikan momen bahagai itu di akun media sosial instagram, @aniesbaswedan.

Dalam postingannya, Anies menyampaikan ucapan kepada pasangan tersebut dan juga keluarga Habib Rizieq Shihab.

"Memenuhi undangan menghadiri dan menjadi saksi pernikahan Syarifah Fairuz Shihab & Sayyid Muhammad Alattas di rumah Habib Rizieq Shihab, ayah pengantin perempuan. Semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah yang selalu dalam keberkahan-Nya," kata Anies.

Tak hanya memberi selamat, Anies juga membagikan sejumlah foto kebersamaannya dengan Rizieq Shihab.

 

3 dari 4 halaman

Unggah Sejumlah Foto

Sejumlah foto menunjukkan Anies tengah menandatangani lebar saksi pernikahan saat mengikuti prosesi Akad.

Salah satu foto juga menunjukkan Anies, Muhaimin bergandengan tangan. Tampak juga Waketum DPP NasDem Ahmad Ali dan Waketum DPP PKB Jazilul Fawaid dalam foto tersebut.

Juru Bicara Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian, menyatakan, kedatangan Anies-Cak Imin bersama petinggi partai Koalisi Perubahan untuk menghadiri dan menghormati undangan pihak penyelenggara.

"Pak Anies kan orangnya sangat menghormati orang lain, apalagi undangan. Semua didatangi karena Bapak menghormati dan tidak pernah membeda-bedakan orang lain. Setiap Sabtu, Minggu nyaris waktu Bapak diisi untuk menghadiri pernikahan warga," jelas Angga.

 

4 dari 4 halaman

Bukan Pertemuan Politik

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Hermawi Taslim menyebut, Anies dan Cak Imin menghadiri undangan pernikahan putri dari Habib Rizieq yaitu Syarifah Fairuz Syihab.

Anies dan Cak Imin diundang pada akad pernikahan yang digelar di Petamburan, Jakarta Pusat, Rabu malam 27 September 2023.

"Menghadiri pernikahan putri HRS, bukan membuat pertemuan dengan HRS," kata Taslim ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu 27 September 2023.

Taslim mengatakan menghadiri undangan adalah sebagai bentuk silaturahmi sesama anak bangsa.

"Menghadiri undangan adalah bagian dari silaturahmi yang baik buat sesama anak bangsa," ujar Hermawi Taslim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.