Sukses

30 ‎Panser Anoa Amankan KAA di Jakarta

30 Panser Anoa telah berjejer di area parkir Konferensi Asia-Afrika (KAA) depan Istora Senayan sejak pukul 07.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60 telah dimulai di Jakarta Convention Center, Minggu (19/4/2015). Acara dimulai dengan konferensi kerjasama selatan-selatan yang dibuka Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Pantauan Liputan6.com, 30 kendaraan lapis baja seperti Panser Anoa telah berjejer di area parkir depan Istora Senayan sejak pukul 07.00 WIB. Panser ini menjadi kendaraan pengamanan andalan ring 1 selama gelaran KAA.

"Kita diperintahkan untuk mengamankan KAA. Kendaraan ini menjadi bagian dari standar pengamanan utama agenda kepala negara," ‎kata salah satu anggota TNI yang enggan disebutkan namanya, Minggu (19/4/2015).

Tak hanya di Jakarta, kendaraan buatan PT Pindad (Persero) ini‎ nantinya juga digunakan dalam acara KAA di Bandung, Jawa Barat, pada 24 April.

Panser Anoa 6x6 ini merupakan kendaraan lapis baja yang anti terhadap searangan senjata, ledakan, dan serangan udara. Saat ini Pindad telah memproduksi setidaknya ratusan panser dengan alokasi terbanyak untuk kendaraan TNI.

Tak hanya itu, kendaraan buatan anak negeri ini juga sudah banyak diminati berbagai negara di Asia Tenggara maupun Afrika. Saat ini Panser Anoa menjadi kendaraan andalan TNI dalam misi-misi perdamaian dunia di bawah koordinasi PBB. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.