Sukses

Alasan JK Tak Dampingi Jokowi Bahas Calon Kapolri dengan DPR

Jokowi memberikan klarifikasi kepada anggota DPR terkait 2 Perppu, Perppu pergantian calon Kapolri dan Perppu Plt KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi ‎menghadiri rapat konsultasi dengan DPR terkait pengajuan calon Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti, setelah dia membatalkan Komjen Pol Budi Gunawan. Jokowi juga memberikan klarifikasi kepada anggota dewan terkait 2 Perppu, Perppu pergantian calon Kapolri dan Perppu Plt KPK yang diterbitkan sebelumnya.

Dalam pertemuan di Gedung DPR tersebut, Jokowi tidak didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), melainkan didampingi oleh beberapa menteri. JK menuturkan kehadirannya tidak diperlukan karena surat DPR hanya meminta kehadiran Presiden Jokowi.

"Ya kan hanya konsultasi dengan presiden karena DPR minta klarifikasi buat presiden. Jadi hanya klarifikasi," kata JK di rumah pribadinya di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (6/4/2015).

Mantan Ketua Umum Golkar itu menjelaskan, dalam rapat bersama Jokowi Minggu malam kemarin, diputuskan bahwa JK tak perlu ikut dalam rapat konsultasi dengan DPR. Lagipula, Ketua Umum PMI itu mengaku ada agenda lain yang harus ia laksanakan di kampung halamannya hari ini.

"‎Nggak, karena kemarin kita rapat. Masalahnya dianggap tidak terlalu berat. Jadi presiden datang ke rapat sendiri. Saya juga bilang kalau agenda saya di Makassar buat hari ini sudah direncanakan lama,"‎ ungkap JK.

Menurut JK, tidak ada hal yang luar biasa dengan rapat konsultasi yang dihadiri oleh Presiden Jokowi. Konsultasi memang selayaknya dilakukan pemerintah dan DPR. ‎Biasanya, untuk konsultasi pihak pemerintah diwakili menteri yang terkait dengan bidangnya.

"‎Selalu ada konsultasi pemerintah dengan DPR, itu biasa. Kalau di Komisi DPR (diwakili menteri), tapi ini DPR undang untuk menjelaskan Perppu, ada soal Kapolri, KPK. Karena itu perlu presiden," tandas Jusuf Kalla. (Riz/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR