Sukses

Jokowi Hadiri Tawur Agung Pagi Ini di Candi Prambanan

Presiden Jokowi akan sampai di Yogyakarta, pagi ini sekitar pukul 08.30 WIB untuk menghadiri rangkaian perayaan Nyepi tersebut.

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengikuti upacara Tawur Agung Kesanga di areal kompleks Candi Prambanan, pagi ini. Ritual umat Hindu ini digelar sehari sebelum Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1937.

Menurut Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 072 Mayor Inf Munasik, Presiden Jokowi akan sampai di Yogyakarta, pagi ini sekitar pukul 08.30 WIB untuk menghadiri rangkaian perayaan Nyepi tersebut.

"Beliau (Jokowi) tiba pukul 08.35 WIB, lalu geser ke Candi Prambanan pukul 09.00 WIB. Setelah selesai geser Gedung Agung. Beliau akan salat di Masjid Agung Kauman, tapi kita juga siapkan alternatif di masjid Istana atau di masjid Korem. Setelah kita tunggu beliau mau ke Jakarta atau ke Solo. Ya terserah beliaulah," ujar Munasik, Jumat (20/3/2015).

Munasik menjelaskan, pihak keamanan sudah berjaga-jaga untuk pengamanan presiden. Menurut dia, kedatangan Jokowi ke Yogyakarta sudah dilakukan pengamanan yang maksimal.

Kemarin pagi pihak TNI dan Polri sudah menggelar apel bersama Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres. Terutama mengantisipasi jika ada pihak-pihak yang akan melakukan kerusuhan. "Aman aman. Kita sudah lakukan pengamanan maksimal," ucap Munasik.



Untuk diketahui, prosesi Tawur Agung Kesanga diawali dengan Nuwur Tirta dan Mendak Tirta. Setelah rombongan presiden tiba, maka prosesi Ogoh-ogoh dimulai.

Jokowi akan mengikuti prosesi Tawur Kesanga ini hingga pukul 11.20 WIB. Setelah seremoni bersama Presiden Jokowi selesai, 9 Ogoh-ogoh akan dikirab bersama 3 ogoh-ogoh dari Kabupaten Sleman.

Pawai pertama dari Candi Prambanan hingga Monumen Yogya Kembali. Setelah itu langsung menuju kompleks Kepatihan. Nantinya pukul 15.00 WIB, 12 Ogoh-ogoh ini akan dikirab di Jalan Malioboro hingga kawasan Titik Nol, Yogyakarta. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini