Sukses

6 Pesawat dan 12 Pilot Tim Aerobatik Jupiter TNI Tiba di Halim

Jupiter Aerobatic Team adalah tim aerobatik pesawat milik TNI AU.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebelumnya sempat transit di pangkalan TNI Angkatan Udara (TNI AU) Soewondo, Medan, Sumatera Utara untuk mengisi bahan bakar, 6 pesawat aerobatik Jupiter Woong Bee KT-01B milik TNI AU siang tadi mendarat di base OPS Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (17/3/2015), 6 pesawat tiba dengan 12 pilot yang batal tampil di acara Dirgantara Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2015 di Malaysia menyusul insiden jatuhnya 2 pesawat tim Jupiter.

Empat penerbang yaitu Marsekal Pertama Yadi Indrayadi, Letkol Penerbang Arif Hartono, Mayor Penerbang Harjo, dan Mayor Penerbang Romas sudah tiba di Lanud Halim Senin malam 16 Maret 2015. Keempatnya masih menjalani perawatan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara akibat insiden di Malaysia.

Minggu 15 Maret 2015 lalu, 2 dari 6 pesawat tim Jupiter tabrakan di langit Langkawi, Malaysia saat sesi latihan. Pesawat jatuh dan menimpa 2 rumah. Para penerbang selamat lewat kursi pelontar.

Jupiter Aerobatic Team adalah tim aerobatik pesawat milik TNI AU. Ada 6 pesawat yang melakukan beragam manuver di udara. Jupiter One merupakan pimpinan dari seluruh team yang kerap tampilkan manuver ekstrim serta sejumlah trik dan efek visual. Meski sempat celaka, keterampilan manuver tim Jupiter tetap menjadi kebanggaan negeri. (Vra/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.