Sukses

6 Hari Kabur karena Di-bully, Siswi Bogor Ini Ada di Jakarta

NFR sengaja kabur dari rumahnya selama 6 hari untuk menghilangkan kegalauan akibat beban perasaan sebagai korban bully atau penghinaan.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah NFR siswi kelas 3, SMP Al Jannah yang kabur dari keluarganya berhasil ditemukan di Taman Sari, Jakarta oleh sopir angkot. Rumah keluarga NFR di Bogor, Jawa Barat pun tampak sepi. Hanya tampak sebuah mobil yang terparkir di depan rumah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (15/3/2015), menurut tetangga yang juga teman main NFR, Vietro Santiago, NFR sebenarnya anak yang periang dan mudah bergaul.

Namun belakangan ini ia memang kerap curah sering di-bully teman-teman sekolahnya. Sehingga ia kerap tak tahan dan beberapa kali mencoba kabur dari rumah. Ia juga sudah beberapa kali pindah sekolah. NFR sengaja kabur dari rumahnya selama 6 hari untuk menghilangkan kegalauan diri akibat beban perasaan sebagai korban bully atau penghinaan.

Hingga kini NFR masih dihantui kejadian-kejadian kekerasan verbal dan fisik dari teman-teman di sekelilingnya, termasuk di sekolahnya terdahulu.

Berdasar data Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) untuk kasus bully atau kekerasan pada anak sejak Januari 2015 hingga Maret 2015, terdapat sekitar 120 pengaduan dengan 37 di antaranya merupakan kasus bullying di sekolah.

Bullying di sekolah juga terjadi di SMKN 1 Jetis Mojokerto, Jawa Timur. Luka fisik mungkin bisa lekas pulih. Namun luka batin akibat di-bully atau dihina meninggalkan trauma psikis berkepanjangan.

Jangankan anak-anak, orang dewasa pun tak mudah melalui situasi keterpurukan. Bisa dibayangkan betapa beratnya beban hidup anak korban bully, khususnya di antara sesama siswa. (Dan/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.