Sukses

Resmikan Taman Pintar, Wagub Djarot Berharap Lahir Ide-ide Hebat

Menurut Wagub Djarot, taman seluas 3.104 meter persegi ini bisa menjadi tempat lahirnya ide-ide luar biasa buat kemajuan bangsa ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Ketua Tim Penggerak PKK DKI Veronica Tan yang merupakan istri Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, resmi membuka Taman Pintar di Jalan Waringin Nomor 25, Pulogadung, Jakarta Timur. Menurut Djarot, taman seluas 3.104 meter persegi ini bisa menjadi tempat lahirnya ide-ide luar biasa buat kemajuan bangsa ke depan.

Djarot juga berharap Taman Pintar ini bisa menginspirasi anak-anak ataupun orang tua di sekitar untuk gemar membaca. Selain itu ia berharap agar lokasi-lokasi lain di Jakarta bisa meniru keberadaan Taman Pintar ini.

"Ini ide yang luar biasa dan akan membuat warga menjadi pintar," ucap Wagub Djarot di lokasi, Jakarta, Sabtu (14/3/2015).

Taman Pintar ini terwujud atas kerja sama Yayasan Dharmaranya Tuju Enam sebagai pengagas, bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemilik lahan.

Taman Pintar ini juga dilengkapi dengan jogging/walk track, healty track, arena bermain anak-anak, lapangan futsal, sebuah plaza, dua gazebo, kamar kecil, dan fasilitas cuci tangan. Selain itu, keunggulan lain dari Taman Pintar ini yaitu memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar sebagai resapan air dan mengurangi banjir.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharmaranya Tujuh Enam, Diana Fawzia mengatakan, sebelumnya area ini adalah lahan kosong dengan pagar tinggi mengelilinginya. Permukiman padat di lokasi Taman Pintar awalnya juga lokasi yang rawan konflik serta kerap digunakan sebagai tempat transaksi narkoba dan pembuangan sampah.

Menurut Diana, dengan taman ini, warga sekitar bisa mencapai 7 Pintar. Yaitu, pintar di lingkungan hidup, kesehatan, kewarganegaraan, pengembangan karakter, budaya, manajemen diri, serta pintar berpikir.

"7 Pintar ini dicapai melalui berbagai kegiatan yang didukung oleh fasilitas di Taman Pintar tersebut," pungkas Diana Fawzia. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.