Sukses

Panser Anoa Amfibi Dikembangkan di RI, Tangguh di Darat dan Air

Liputan6.com, Bandung - PT Pindad tengah mengembangkan kendaraan tempur jenis baru yang terbilang 'sakti'. Tidak hanya di darat, panser yang diberi nama Anoa Amfibi ini bisa mengarungi wilayah pegunungan bahkan di air sekalipun.

Direktur Utama Pindad Silmy Karim mengatakan kendaraan tersebut kini masih dalam tahap sertifikasi. Namun dia menargetkan anoa amfibi ini sudah bisa dipamerkan pada HUT TNI pada 5 Oktober 2015 mendatang.

"Masih dalam proses sertifikasi. Sekarang masih dalam tahap pengembangan dan perkenalan. Diproyeksikan nanti bisa ikut dalam parade HUT TNI," kata Silmy dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Bandung, Jumat (6/3/2015).

Silmy mengungkapkan, anoa amfibi ini tangguh di segala medan. Untuk darat, kendaraan itu masih mengusung konsep anoa terdahulu namun untuk anoa amfibi dilengkapi dengan dua water jet di bagian buritan yang memberikan kecepatan dalam air dan cocok untuk wilayah NKRI.

"Kendaraan ini menambah daya gerak prajurit di lapangan karena kendaraan ini mampu mengatasi berbagai medan dan dibutuhkan alat pengangkut (seperti anoa amfibi)," jelas dia.

Selain itu, Silmy menegaskan, anoa amfibi ini murni 100 persen dilakukan oleh tenaga ahli dalam negeri dan hingga saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan lebih lanjut. "Kita masih kembangkan dan meningkatkan kualitas dan kapasitas," tandas Silmy. (Riz)