Sukses

RSUI bareng Yayasan Perempuan untuk Negeri Gelar Baksos Operasi Katarak dan Bibir Sumbir Gratis

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) bersama Yayasan Perempuan untuk Negeri (PUN) telah menggelar kegiatan bakti sosial operasi katarak dan bibir sumbing pada Sabtu (30/9/2023) di Main Hall RSUI, Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) bersama Yayasan Perempuan untuk Negeri (PUN) telah menggelar kegiatan bakti sosial operasi katarak dan bibir sumbing.

Kegiatan tersebut ditandai dengan acara seremoni pemberian goodie bag kepada para peserta pada Sabtu (30/9/2023) di Main Hall RSUI, Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Dari 114 calon peserta operasi katarak yang mendaftar, sebanyak 45 peserta yang lolos skrining telah dilakukan tindakan operasi oleh tim dokter spesialis mata RSUI dan Perdami Jaya. Sedangkan, untuk peserta bibir sumbing dan celah lelangit, sebanyak 8 peserta telah dilakukan tindakan operasi.

Kegiatan bakti sosial tersbeut merupakan bentuk kepedulian bersama RSUI, PUN, dan PERDAMI Jaya dalam rangka menjalankan tanggung jawab sosial untuk membantu menurunkan angka kasus katarak yang masih tergolong tinggi di Indonesia dan juga kasus bibir sumbing serta celah celah lelangit yang masih perlu mendapat perhatian.

"Syukur kami ucapkan karena kegiatan baksos telah berjalan lancar dan banyak masyarakat antusias mendaftar kegiatan baksos ini. RSUI berupaya memberikan layanan yang terbaik untuk para peserta mulai dari proses skrining, tindakan operasi hingga perawatan pasca operasi," ujar Direktur Utama RSUI Astuti Giantini melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/9/2023).

"Terima kasih kami ucapakan kepada Yayasan PUN dan Perdami Jaya yang mendukung penuh kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik," jelas dia.

Sementara Ketua Harian PUN Sarita Thaib mengatakan, acara baksos ini dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun PUN yang ke-14.

"Baksos kali ini bekerja sama dengan RSUI dan Perdami Jaya melakukan operasi katarak & bibir sumbing. Semoga kegiatan baksos ini dapat memberikan banyak manfaat dan di hari ultahnya PUN memberikan banyak berkah untuk semua masyarakat yang membutuhkan," tutur Sarita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka Kebutaan di Indonesia

Kemudian, Sekertaris Perdami Jakarta Astrianda Nadya Suryono menuturkan, angka kebutaan di Indonesia tergolong tinggi.

"Menurut hasil survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) th 2016-2016 angka kebutaan kita yaitu 3% dari seluruh populasi, dan merupakan salah satu yang tertinggi khususnya di negara-negara di Asia Pasifik. Katarak merupakan penyebab utama kebutaan tersebut yang mencakup lebih dari separuh, yaitu 1.9% dari penduduk Indonesia yang berusia diatas 50 tahun," ucap dia.

"Oleh sebab itu, Perdami Jaya masih berupaya untuk membantu menurunkan angka ini, dengan terus melakukan bakti sosial operasi katarak di seluruh Indonesia untuk membantu penderita katarak yang kurang mampu di pelosok negeri," je;as Astrianda.

Yayasan Perempuan Untuk Negeri (PUN) adalah sebuah Organisasi Sosial dan Nirlaba yang didirikan pada bulan September 2009 yang beranggotakan perempuan dari berbagai kalangan profesi dan latar belakang, dengan tujuan untuk membantu bagi masyarakat yang kurang mampu melalui kegiatan yang bersifat sosial.

RSUI terus berupaya kegiatan bakti sosial tidak hanya berhenti sampai di sini. Dukungan dan kepercayaan masyarakat juga membantu kami dalam memberikan layanan kesehatan yang bermutu sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

RSUI merupakan Rumah Sakit tipe B memiliki dokter spesialis dan subspesialis dengan berbagai layanan unggulan yang tersedia. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Layanan Pelanggan RSUI di nomor 021 5082 9292 atau 0811 9113 913 (Pesan WA).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.