Sukses

Amien Rais Serahkan Jabatan ke Soetrisno Bachir?

Belum jelas apakah pendiri PAN itu juga akan mundur total dari partai politik.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi kawakan dan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, akan menyerahkankan jabatannya sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai kepada Soetrisno Bachir. Soetrisno adalah mantan Ketua Umum PAN periode 2005 -2010.

"Pak Amien sudah mengunjungi rumah Pak SB, pekan lalu. Beliau meminta maaf kepada SB dan menawarkan jabatannya untuk dipegang Pak SB," kata sumber Liputan6.com yang dekat dengan PAN.

Mengapa Amien tiba-tiba menyerahkan jabatannya ke SB? Sumber itu menjawab, "Saya tidak tahu, yang jelas SB menerima tawaran Amien."  Juga belum jelas apakah pendiri PAN itu juga akan mundur total dari partai politik.

Sumber tadi menambahkan, kemungkinan besar penyerahan jabatan itu akan dilakukan pada Kongres PAN di Bali, 28 Februari -2 Maret 2015.

Saat dihubungi Liputan6.com,  putra Amien Rais, Hanafi Rais, mengatakan, "Wah, saya malah belum tahu, Mas. Coba tanya Bapak langsung saja."

Liputan6.com belum mendapatkan konfirmasi dari Soetrisno. Ketika dihubungi pada Senin 16 Februari 2015 malam, dia berkata singkat, "Nanti ya, saya sedang di luar."  Pada Selasa pagi ini, saat dikontak kembali, ia tak mengangkat telepon.

Pasca-kongres PAN di Batam pada 2010 yang mengukuhkan Hatta Rajasa sebagai ketua umum, isu retaknya hubungan Amien dengan Sutrisno Bachir sempat mencuat. Saat itu, Amien mendukung Hatta. Dukungan itu diyakini membuat Soetrisno gagal meraih kembali kursi ketua umum.

Hanafi Rais mengatakan hubungan Amien Rais dengan mantan ketua umum PAN Sutrisno Bachir tidak ada masalah. "Pak Amien dan Mas Tris (sapaan Sutrisno Bachir) tetep guyub. Opini saja yang heboh," kata Hanafi, Rabu 11 Februari 2015.

Kini, Sutrisno dan Amien sama-sama mendukung pencalonan Zulkifli Hasan sebagai ketua umum untuk menggantikan Hatta. Hanafi yakin, bergabungnya Sutrisno Bachir ke kubu Zulkifli, tanpa deal-deal politik apapun. "Nggak ada deal-deal kok. Mas Tris bukan tipe low-politics," kata Hanafi.

Sebelum terjun ke dunia politik, Soetrisno merupakan seorang pengusaha. Ia mengelola bisnis bidang properti dengan bendera Ika Muda Group.

Soetrisno lalu aktif di PAN. Puncaknya, ia terpilih menjadi Ketua Umum DPP PAN periode 2005-2010, menggantikan Amien Rais. (Yus)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.