Sukses

Hari Ibu, Megawati & Menko Puan Beri Penghargaan untuk 10 Wanita

Pemberian penghargaan untuk menegaskan, tugas wanita atau perempuan Indonesia tidak hanya di dapur.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memberikan penghargaan Sarinah Award kepada 10 perempuan berprestasi.

10 kategori diberikan kepada Mas'nuah untuk bidang pembinaan ekonomi nelayan, penurunan angka kematian ibu dan anak diberikan kepada istri dari mantan bupati Bantul Idham Samawi, kategori tabungan dana kesehatan desa diberikan kepada Rosmiyati, penghargaan pemeliharaan pelestarian lingkungan untuk Aleta Baun, dan kategori pejuang kesetaraan gender diberikan kepada Nani Zulminarni.

Selain itu, ada kategori pembinaan politik dan pemerintahan kaum perempuan diberikan kepada Mientje D.E. Roembiak, kategori aktivis narkoba diberikan kepada Joyce Gordon, bidang pendidikan kepada Olga Alfianto Djojohikrat, kategori aktivis sosial budaya diberikan kepada Dian Sasmita, dan kategori aktivis hukum diberikan kepada Anis Hidayah.

Pemberian penghargaan juga dihadiri sejumlah pengurus DPP PDIP seperti Pelaksana tugas (Plt) Sekjen DPP PDIP Hasto Kristyanto, Ketua DPP PDIP bidang Perempuan dan Anak Wiryanti Sukamdani, Ketua DPP PDIP Ribka Tjibtaning, serta beberapa kepala daerah.

Dalam kesempatannya, Ketua DPP PDIP bidang Perempuan dan Anak Wiryanti Sukamdani menegaskan, pemberian penghargaan tersebut untuk menunjukkan tugas wanita atau perempuan Indonesia tidak hanya di dapur.

"Tugas perempuan itu tidak hanya berada pada ruang-ruang domestik saja yaitu sumur, dapur, dan kasur. (Jika dimaknai seperti itu) maka mendistorsi makna Hari Ibu itu sendiri," kata Wiryanti di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Selain itu, menurutnya penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk dedikasi sebagai penerus cita-cita perempuan Indonesia. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Sarinah Award

Video Terkini