Sukses

BNPB: Bocah 5 Tahun Tewas Tertimbun Longsor di Bandung Barat

Selain longsor, puting beliung juga menerjang di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung siang tadi.

Liputan6.com, Bandung - Hujan yang berlangsung sejak Minggu kemarin menimbulkan bencana tanah longsor di Kampung Cililin Timur, RT 4 RW 3, Kecamatan Cililin Barat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Akibatnya, bocah berumur 5 tahun bernama Yusril meninggal karena tertimbun longsoran.

"Pada Senin pukul 16.30 WIB, longsor menimbun rumah yang menyebabkan Yusril (5) meninggal di tempat. Sedangkan ayahnya, Ucup Supriyadi (35) luka berat setelah petugas bekerja selama 2 jam menyelamatkan korban," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Senin (24/11/2014) malam.

Sutopo menjelaskan, saat ini Ucup dirawat di UGD Rumah Sakit Cililin. Dampak longsor ini 1 rumah rusak berat dan 4 rumah terancam longsor, sehingga penghuninya diungsikan untuk mengantisipasi longsor susulan.

"BPBD Kabupaten Bandung Barat bersama instansi terkait dan masyarakat membantu penanganan darurat," lanjut dia.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Muhammad Pakih mengatakan, saat kejadian Yusril dan Ucup tengah berada dalam rumah.

"Tiba-tiba longsor terjadi dan menimbun keduanya, sedangkan sang istri selamat. Diduga karena hujan deras," kata Pakih saat dikonfirmasi Liputan6.com.

Pakih menjelaskan, setelah mendapat laporan BPBD langsung melakukan evakuasi dibantu PMI dan warga setempat dengan alat seadanya. Evakuasi berjalan sekitar 2 jam.

"Kita berhasil menyelamatkan Pak Ucup yang tertimbun hanya dari bagian dada ke bawah sehingga masih ada rongga udara. Anaknya sendiri tidak berhasil kita selamatkan," jelas dia.

Pihaknya pun langsung melarikan Ucup ke Rumah Sakit Cililin, untuk mendapat perawatan. "Istrinya masih syok, belum bisa dimintai keterangan," pungkas Pakih.

Puting Beliung

Sementara, angin puting beliung kembali menerjang Desa Kragilan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah siang tadi pukul 12.50 WIB. Tercatat 27 rumah rusak ringan yakni di Dusun Kragilan 15 rumah, Dusun Kenangkan 10 rumah, dan Dusun Ngaglik 2 rumah.

"Akses jalan Pakis-Ketep tertutup oleh pohon-pohon tumbang. BPBD Kabupaten Magelang bersama TNI, Polri, relawan dan masyarakat membuka akses jalan dan membantu melakukan perbaikan rumah. Bantuan logistik diberikan kepada korban," beber Sutopo.

Menurut Sutopo, puting beliung juga menerjang Kelurahan Air Hitam dan Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung siang tadi pukul 12.00 WIB.

"Tercatat 26 unit rumah mengalami rusak ringan dan beberapa bangunan fasum (fasilitas umum) rusak ringan. BPBD, TNI, dan Dinas Sosial sudah memberikan bantuan makanan siap saji terpal, selimut, dan sembako. Masyarakat diminta untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan," imbau Sutopo. (Rmn/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.