Sukses

Bendungan Katulampa Siaga III, Jakarta Diminta Siaga Banjir

Ketua Posko Bendungan Katulampa menyatakan status bendungan diprediksi bakal meningkat mengingat hujan masih mengguyur Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Tinggi muka air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat terus menunjukkan peningkatan. Hal ini menyusul hujan yang mengguyur Bogor sejak pukul 16.00 WIB.

Ketua Posko bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan bendungan Katulampa itu kembali naik dari 70 cm menjadi 150 centimeter (CM) pada sekitar pukul 18.00 WIB. Karena itu, status bendungan tersebut dinaikkan menjadi siaga III. Untuk batas siaga III, volume air berkisar antara 100 cm hingga 160 cm.

"Naiknya volume air di bendunganan terbilang cepat dalam waktu sekitar 1 setengah jam langsung naik di angka 130 cm. Pasalnya di wilayah Puncak terus diterpa hujan lebat," kata Andi di Bogor, Rabu (19/11/2014).

Andi melanjutkan, tinggi muka air 150 cm ini adalah yang tertinggi selama November. Debit air yang mengalir sekitar 276 ribu liter. Diperkirakan angka tersebut masih terus meningkat.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

Hingga kini hujan lebat masih mengguyur wilayah puncak dan sekitarnya. "Diimbau kepada warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung untuk tetap berhati-hati dan antisipasi terhadap naiknya tinngi muka air di bendunganan Katulampa," pungkas Andi. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini