Sukses

Rapat Kabinet Perdana, Jokowi-JK Bahas Program Secara Garis Besar

Menurut Husein, karena telah mengetahui kapasitas menteri-menterinya, Jokowi dan JK tidak akan kesulitan melakukan koordinasi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo melantik jajaran menteri di Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Usai acara pelantikan, Jokowi dan JK langsung memimpin rapat kabinet perdana di Istana Kepresidenan.

‎Juru bicara JK, Husein Abdullah, mengatakan rapat kabinet perdana baru akan membahas mengenai arahan awal mengenai program kerja pemerintahan secara garis besar.

"Setelah santap siang. Ini Senin pertama menjalankan pemerintahan dan minggu terakhir bulan Oktober, diawali sidang kabinet pertama kabinet kerja. Mereka langsung menetapkan hal-hal yang dikerjakan terutama menyangkut program yang dijalankan Pak Jokowi dan Pak JK," ujar Husein di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (27/10/2014).

Menurut Husein, karena telah mengetahui kapasitas menteri-menterinya, Jokowi dan JK tidak akan kesulitan melakukan koordinasi. Terlebih, saat seleksi para menterinya, keduanya telah mengetahui rekam jejak dan kinerjanya selama ini.

"Kalau lihat komposisi menteri kan seluruhnya sudah meng-cover sesuai keinginan Jokowi dan JK. Dari sini (rapat kabinet perdana) apa keinginan presiden setelah itu. Akan ada action plan, lebih fokus nantinya," kata dia.

Lalu, apakah dalam rapat perdana tersebut Jokowi dan JK juga membahas pembagian tugas mengenai garis koordinasi dengan tiap menteri-menterinya? Husein tidak mau menduga-duga. Namun, ia yakin pembagian tugas dan kewenangan antara presiden dan wakil presiden, Jokowi dan JK sudah mengatur hal tersebut sebelum pelantikan kabinet.

"Ndak ada, saya rasa untuk itu tidak (membahas pembagian kerja). Sidang ini sifatnya hanya perkenalan. Kalau untuk desainnya sudah ada saya rasa," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini