Sukses

Pipa Pertamina Bocor, Sungai dan Sumur Warga Tasikmalaya Tercemar

Ikan-ikan di sungai mati seiring tercampurnya air dengan solar. Warga juga tak bisa menggunakan air sumur untuk keperluan sehari-hari.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Pipa penyalur solar milik Pertamina bocor di Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat. Pipa tersebut mengalirkan solar dari kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah. Kebocoran tersebut pun mengakibatkan pencemaran lingkungan di sekitar pipa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (22/10/2014), Sungai Cimulu yang berada dekat dengan pipa terkena dampak paling parah. Ikan-ikan di sungai mati seiring dengan tercampurnya air dengan solar.

Tak hanya itu, sumur-sumur warga yang berada di dekat Sungai Cimulu juga tercemari solar. Hal ini membuat warga tak berani menggunakan air sumur untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk mencegah kejadian yang lebih buruk, pihak Pertamina telah menghentikan aliran solar melalu pipa tersebut untuk sementara waktu. Dugaan sementara penyebab kebocoran adalah akibat usia pipa yang telah tua.
 
Pertamina mengklaim kebocoran yang terjadi sejak Selasa 21 Oktober kemarin itu telah berhasil dibenahi. Rembesan solar sudah ditangani dan aliran sungai sudah dibendung. Warga setempat diimbau untuk tidak panik. Namun mereka diminta untuk tetap berhati-hati dan menghindari area steril.

Baca juga:

Buru PRT Pembunuh Balita di Bekasi, Polisi Periksa Sang Pacar

Kasus Videotron, Pengadilan DKI Tolak Banding OB 'Direktur'

Mantan Pekerja Tega Bantai Bos Sekeluarga, 3 Tewas dan 1 Kritis

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini