Sukses

Iriana Widodo, dari Istri Tukang Kayu Sampai Jadi Ibu Negara

Iriana sempat tidak membayangkan dirinya jadi Ibu Negara mendampingi suaminya, Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Di balik kesuksesan seorang pria, terdapat seorang wanita di belakangnya. Pepatah tersebut benar adanya dan dibuktikan pasangan Jokowi-Iriana. Membangun bahtera rumah tangga puluhan tahun lamanya, Iriana mendampingi Joko Widodo dari titik terendah hingga titik tertinggi.

Dalam perbincangan dengan sejumlah media nasional, termasuk Liputan6.com, Iriana sempat tidak membayangkan dirinya jadi Ibu Negara. Wanita yang memakai kebaya berwarna hijau itu sempat termangu sebentar.

Sepersekian detik, ia melakukan kilas balik, semasa menjadi istri seorang tukang kayu. "Bayangken? (Topang dagu sambil senyum-senyum). Kita mengalir saja. Dulu Pak Jokowi jadi tukang kayu. Sampai sini jadi presiden. Cita-cita pasti punya. Tapi membayangkan jadi presiden? (kembali tersenyum)," tutur Iriana di rumah dinas gubernur DKI, Jalan Taman Suropati No 7, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/10/2014).

Berada pada titik saat ini, Iriana memahami makin banyak rintangan yang akan menghadang di depan. Ia pun memiliki kiat khusus yaitu terus berusaha. "Kalau jatuh, harus bisa bangun," ujar dia.

Menjadi Ibu Negara, Iriana akan menetap di Istana. Ia akan setia mendampingi Jokowi. Ia juga tak mau memusingkan apakah menjadi istri presiden membuatnya jadi lebih terkenal atau tidak.

"Nggak tahu. Lihat saja nanti. Ya pasti saya sering dampingi Pak Jokowi," tandas Iriana.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan dilantik sebagai presiden ketujuh RI, Senin 20 Oktober 2014. Jokowi akan diambil sumpahnya menjadi presiden di hadapan 692 anggota MPR dan sejumlah kepala negara dunia. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.