Sukses

Puncak HUT TNI, SBY Janji Hitamkan Langit Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Tentara Nasional Indonesia merayakan puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 TNI di Pangkalan Komando Armada Timur (Koarmatim), Dermaga Ujung, Surabaya, Jawa Timur. Ribuan prajurit, ratusan pesawat tempur, puluhan tank, hingga beberapa alutsista pendatang baru akan unjuk kebolehan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahkan berjanji akan menghitamkan langit Surabaya dengan berbagai alutsista TNI.

"7 Oktober langit di atas kita akan hitam karena akan melintas lebih dari 200 pesawat terbang dari AU, AL, dan AD. Kita berbangga karena 200 lebih pesawat terbang, (termasuk) pesawat tempur akan menghiasi langit Surabaya," ucap SBY di lokasi saat memberikan pengarahan kepada prajurit, Senin 6 Oktober 2014.

Tak kurang dari 40 pesawat tempur, seperti sembilan F16 Fighting Falcon, 9 Sukhoi, 12 Hawk, dan 10 T50i Golden Eagle. Seluruh penerbang dan pesawat tempur siap melakukan lintas atau fly pass.

TNI AL sebagai tuan rumah tak mau ketinggalan. Mereka memamerkan tiga kapal perang yang baru saja dibeli dari Inggris. Ketiga kapal terbaru tersebut adalah KRI Bung Tomo-357, KRI John LIe-358, dan KRI Usman-Harun. Ketiga kapal laut ini berjenis multi-role light frigate. Ditambah, 45 kapal perang lainnya yang sudah dimiliki sebelumnya.

"Insya Allah rakyat akan bangga akan kemajuan TNI. Rakyat ingin tentaranya kuat. Kalau tentaranya kuat, negara kuat. Kalau negara kuat tidak ada satu pun yang boleh mengancam kedaulatan nasional termasuk keutuhan nasional dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," tutur SBY.

TNI AD juga akan menampilkan tank terbaru Leopard. Tank tempur utama atau main battle tank (MBT) dengan bobot 62 ton tersebut akan unjuk gigi bersama dengan Tank Scorpion milik Batalyon Kavaleri TNI AD dan tank amfibi jenis BMP-3F milik Marinir TNI AL.

Presiden SBY, selaku inspektur upacara dalam ulang tahun ke-69 ini. Selain itu acara ini juga akan dihadiri oleh Presiden terpilih Joko Widodo, dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, serta beberapa tokoh lainnya.

Selain dihadiri oleh tokoh-tokoh dalam negeri, HUT terbesar sepanjang sejarah TNI itu juga akan dimeriahkan kehadiran para tokoh dan tamu negara. Seperti Raja Brunei Darussalam Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Timor Leste, Xanana Gusmao.

Loading