Sukses

Kebumen Diguncang Gempa 5 SR, Kaca Rumah Warga Sleman Bergetar

Warga yang sedang menonton televisi merasakan getaran tanah. Kemudian diikuti suara kaca jendela yang bergetar.

Liputan6.com, Sleman - Warga Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta merasakan gempa bumi pada pukul 18.00 WIB. Mereka mengaku kaget melihat kaca rumah yang bergetar.

Kepada Liputan6.com, Rabu (4/6/2014), Dhani salah satu warga Balecatur, Gamping, Sleman mengatakan gempa singkat terjadi sore ini membuat kaca rumah terasa bergetar. Ia yang saat itu sedang menonton televisi merasakan getaran tanah. Kemudian diikuti suara kaca jendela yang bergetar.

Secara spontan ia langsung keluar rumah. "Kerasa lindu barusan. Tanah bergetar lalu kaca rumah juga bergetar. Langsung lari keluar rumah. Ada beberapa orang yang keluar juga, tapi lalu kembali masuk rumah," ujar Dhani.

Sementara, warga Balecatur lainnya Eko Susanto mengatakan hal yang sama. Ia berada di dapur saat merasakan gempa. Ia langsung keluar menuju pintu dapur. "Pas di dapur tadi, glek glek suaranya. Tanahnya bergetar yo metu ae (ya, keluar saja)," kata Eko.

Hal yang sama dirasakan di sisi timur Kota Yogya, yaitu daerah Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Danang warga Bokoharjo mengatakan gempa yang berdurasi sekitar 4 detik tadi cukup membuatnya dan keluarganya merasakan getaran keras yang akhirnya memutuskan keluar rumah.

Namun ketika gempa sudah tidak dirasakan lagi, ia memutuskan masuk rumah kembali.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa berkekuatan 5 skala Richter terjadi pada hari ini pukul 17.59 WIB. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Koordinat gempa 8.46 Lintang Selatan-109.28 Bujur Timur di 97 kilometer barat daya Kebumen, Jateng. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini