Sukses

Bocah Iqbal Sembuh, RSUD Koja Serahkan ke Keluarga

Kondisi Iqbal Saputra (4,5), bocah korban kekerasan yang dilakukan pacar ibunya, Dadang Supriatna (29) telah berangsur pulih.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi Iqbal Saputra (4,5), bocah korban kekerasan yang dilakukan pacar ibunya, Dadang Supriatna (29) telah berangsur pulih. Kini Iqbal yang telah sembuh secara fisik, telah dibolehkan pulang oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara.

Didampingi Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait, Direktur RSUD Koja Togi Asman Sinaga menyerahkan Iqbal ke pihak keluarga yang diwakili Irma (35), kakak kandung dari ibunda Iqbal, Iis Novianti (30).

Dokter RSUD Koja yang merawat Iqbal sejak 2 bulan lalu yaitu dr Dewi Iriana memastikan luka fisik yang diderita Iqbal telah sembuh. Meski demikian, Iqbal masih harus melakukan rawat jalan di RSUD Koja dan melakukan fisioterapi.

"Intinya keluarga harus bisa memenuhi kebutuhan dasar Iqbal itu. Ngajak dia berbicara bercerita. Dukungan keluarga sangat mendukung tumbuh kembang Iqbal," kata Dewi di RSUD Koja, Jakarta Utara, Senin (12/5/2014).

Sementara itu, Arist mengatakan pihaknya tetap memantau tumbuh kembang Iqbal selama masa rawat jalan bersama keluarga. Hal itu agar Iqbal dapat sembuh total baik fisik maupun psikis dan mencegah agar Iqbal tak lagi menjadi korban kekerasan.

Tak hanya itu, tambahnya, biaya selama rawat jalan akan ditanggung oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. "Dinas Kesehatan DKI yang menanggung biaya. Rawat jalan masih ditanggung. Karena memang ini masih dalam perawatan kita juga," ujar Arist.

Keluarga Iqbal yang diwakili Irma pun mengaku sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini mendukung dan merawat Iqbal hingga sembuh. Rencananya, Iqbal akan dibawa ke rumah keluarga Irma yang terletak di kawasan Tambun, Bekasi.

"Pulang, kumpul lagi ke keluarga. Sekarang rawat jalan saja. Insya Allah kami keluarga yang rawat Iqbal sampai benar-benar sembuh," tukas Irma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini