Sukses

May Day di Bandung, 90 Persen Perusahaan Liburkan Karyawan

Ada sekitar 3-4 perusahaan yang tidak meliburkan karyawannya karena proses pekerjaan perusahaan.

Liputan6.com, Bandung - Polisi memastikan, hampir 90% perusahaan di Bandung, Jawa Barat, meliburkan karyawannya saat peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei.

"Tadi kita sudah berkumpul dan silaturahmi (dengan pengusaha Bandung) dan memastikan perusahaan meliburkan pekerjanya. 90 persen perusahaan libur," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol. Mashudi saat ditemui di kantornya, Rabu (30/4/2014).

Mashudi menjelaskan, ada sekitar 3 sampai 4 perusahaan yang tidak meliburkan karyawannya karena proses pekerjaan perusahaan. "Yang masuk hanya sebagian kecil 10 sampai 12 karyawan. Hanya bagian mesin saja," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Bandung Dwi Setyo W menjelaskan, sebagian perusahaan tidak meliburkan karyawannya lantaran proses produksi yang tidak bisa dihentikan.

"Kalau berhenti susah dan biaya akan tinggi, sehingga tidak bisa ditunda. Tapi hanya beberapa seperti mekaniknya, sedangkan karyawannya libur," jelasnya di tempat yang sama.

Dwi memastikan, karyawan yang masuk akan mendapat kompensasi berupa uang lembur. "Masuknya lembur. Pembayarannya sesuai aturan," tandas Dwi. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.