Sukses

Warga Jeneponto, Sulsel Heboh Penemuan Tanaman Mirip Ganja

Liputan6.com, Makassar - Warga sekitar Desa Tino, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) dihebohkan dengan adanya penemuan tanaman yang diduga ganja. Tanaman itu tumbuh di ladang milik salah seorang warga, Karaeng Rani.

Tanaman yang persis menyerupai ganja tersebut tumbuh di lahan seluas 1,5 hektar, milik warga Desa Bulo-Bulo, Kecamatan Arungkeke, Jeneponto, dengan tinggi sekitar satu meter. Ditemukannya tanaman tersebut berawal dari rasa curiga warga setempat saat melintas di perkebunan jagung milik Karaeng Rani.

Setiap melintas di perkebunan itu, warga terus mengamati ciri-ciri fisik tanaman yang tumbuh di tengah kebun jagung tersebut. Karena kecurigaan itu semakin kuat warga langsung melaporkannya ke petugas Koramil yang saat itu sedang berada tidak jauh dari lokasi penemuan.

"Banyak sekali pohonnya yang tumbuh. Mungkin ada sekitar ribuan pohon. Warga merasa curiga dan menduga kuat jika tanaman itu adalah ganja yang tumbuh di atas lahan seluas satu hektar lebih dan ini sesuai laporan warga," kata Kepala Desa Tino, Darwis, Minggu 9 Maret 2014.

Mendengar laporan tersebut, Darwis merasa terkejut dan tak pernah menduga jika ada tanaman terlarang yang tumbuh di wilayahnya.

"Saya pastinya merasa kaget dengan adanya laporan warga tersebut, karena saya tidak pernah menduga kalau tanaman seperti itu bisa tumbuh di wilayah saya. Saya langsung pergi mengecek ke lokasi, dan melaporkannya ke pihak yang berwajib," tambahnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Endi Sutendi mengatakan, tanaman tersebut bukanlah ganja, melainkan menyerupai saja. Pihaknya juga sudah melakukan pengecekan langsung terhadap tanaman tersebut.

"Itu bukan tanaman ganja. Pihak Polres Jeneponto sudah melakukan pengecekan ke labfor dan hasilnya negatif. Spesiesnya juga berbeda baik dari daun maupun batangnya. Kalau ganja daunnya 5 , sedangkan yang ini ada lebih dari 7," jelas Endi.

Baca juga:

Dokter Makin Ragu Ganja Bisa Jadi Obat yang Aman

Tangkap 3 Pengedar, Polisi Sita 44 Kg Ganja Kering

5 Kg Sabu Disita dari Jaringan Narkoba Aceh-Malaysia

Loading