Sukses

5 Titik Api Ditemukan di Taman Nasional Kerinci

Sedikitnya 5 titik api berada di kawasan yang wilayahnya terdapat hutan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Liputan6.com, Jakarta Titik api tidak hanya terjadi di Riau. Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memantau sebanyak 10 titik api yang tersebar di beberapa kawasan wilayah ini. Sebaran 10 titik api itu terbanyak ada di wilayah Bengkulu bagian utara.

"Sedikitnya 10 titik api terpantau sejak tiga hari lalu, hari ini jarak pandang paling jauh antara 4 hingga 5 kilometer saja," kata Koordinator dan prakirawan BMKG Bengkulu Haris Sahid di Bengkulu, Jumat (28/2/2014).

Sedikitnya 5 titik api berada di kawasan yang wilayahnya terdapat hutan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Sedangkan 5 titik api lain berada di kawasan Bengkulu bagian timur dan selatan.

Kondisi ini masih bisa ditolerir untuk penerbangan. Namun perubahan kondisi setiap jam akan terus dipantau stasiun BMKG Bengkulu. Sedangkan untuk pengguna kendaraan bermotor masih dalam kondisi aman.

"Ketebalan asap yang terjadi dipicu arah angin yang berhembus dari barat laut. Asap yang menyelimuti Bengkulu selain berasal dari titik api yang terpantau, ketebalan asap juga imbas dari asap yang berhembus dari daerah Riau," lanjut Haris.

Jadwal penerbangan di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu juga tidak terlalu mengalami kendala secata teknis. Hanya  beberapa penerbangan komersial terjadi keterlambatan jadwal yang tidak melebihi satu jam.

Bandara Fatmawati Soekarno setiap hari melayani sebanyak 8 penerbangan tujuan Bengkulu-Jakarta menggunakan armada Garuda Nusantara, Citylink, Lion Air dan Sriwijaya Air. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.