Sukses

Reklamasi Pantai, Luas Singapura Bertambah

Untuk mencapai target luas daratan sampai 760 kilometer persegi, Singapura terus melakukan reklamasi pantai. Pengurukan pantai diduga menggunakan pasir selundupan dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Singapura sebagai negara pulau, sejak 1960 terus berupaya menambah luas daratan dengan cara reklamasi pantai. Hingga saat ini, luas Singapura bertambah 120 kilometer persegi dari luas semula 580 kilometer persegi menjadi sekitar 700 kilometer. Pengurukan pantai diduga banyak menggunakan pasir selundupan yang didatangkan dari Indonesia.

Perluasan daratan diperkirakan terus bertambah karena Singapura dikabarkan menargetkan pada 2010 ingin memiliki luas daratan sampai 760 kilometer. Wilayah yang mendapat perluasan di antaranya Changi dan Jurong. Di Pulau Jurong yang berada di titik luar, saat ini luasnya sudah bertambah enam kilometer ke arah barat daya Indonesia.

Pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan larangan ekspor pasir, namun upaya penyelundupan masih saja terjadi. Panglima Komando Armada Barat Laksamana Muda TNI Muryono berjanji menutup semua celah ekspor ke negeri Singapura. Selain mengerahkan dua pesawat Nomad, TNI Angkatan Laut juga menggunakan kapal-kapal patroli untuk memantau jalur laut yang digunakan untuk meloloskan pasir [baca: TNI AL Memperketat Pengawasan Jalur Penyelundupan Pasir].(KEN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.