Sukses

Puluhan Insan Film Mengembalikan Piala Citra

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah insan perfilman yang tergabung dalam Masyarakat Film Indonesia (MFI) mengembalikan Piala Citra yang mereka terima. Sutradara Riri Riza dan Mira Lesmana yang meraih Piala Citra 2005 untuk film Gie adalah dua di antaranya. Mereka mengembalikan lambang supremasi tertinggi perfilman nasional itu di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Rabu (3/1). Selain keduanya, sebanyak 22 peraih Piala Citra dari tahun 2004 hingga 2006 juga melakukan aksi yang sama.

Dalam pernyataan sikapnya, MFI menyampaikan pernyataan sikap mendesak pembubaran Lembaga Sensor Film. Mereka juga menolak hasil penjurian Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2006 yang memilih Ekskul sebagai film terbaik.

Komunitas ini juga meminta Panitia FFI 2006 menyampaikan secara terbuka pertanggungjawaban atas penilaian dan penetapan Ekskul sebagai peraih Piala Citra. Para sineas muda ini menilai penyelenggaraan FFI oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata tidak transparan, dari sisi pelaksanaan dan pendanaan. Mereka juga mendesak penyelenggaraan FFI dihentikan sementara.

Kepada para penerima Piala Citra, MFI mengajak ambil bagian dalam memulihkan citra perfilman Indonesia dengan mengembalikan penghargaan itu.(ADO/Anastasya Putri dan Suhanda)