Sukses

Menhub: Pesawat Adam Air Belum Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Perhubungan Hatta Rajasa membantah berita yang menyatakan pesawat Adam Air jatuh di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kapolda Sulbar beserta 700 anggota Badan SAR Nasional telah menyisir dua lokasi di kecamatan tersebut namun hasilnya nihil. Dengan demikian, jumlah korban tewas maupun selamat belum bisa dipastikan. "Data itu sama sekali tidak betul," tegas Hatta saat dihubungi SCTV pada Selasa (2/1) malam.

Menurut Hatta Rajasa, data awal itu berasal dari keterangan warga yang melapor ke polisi telah menemukan bangkai pesawat Adam Air di daerah perbukitan di Kecamatan Matangnga. Tetapi setelah dicek ke lokasi, tak ditemukan reruntuhan pesawat berpenumpang 96 orang dan berawak enam orang itu. Untuk itu, pihaknya telah meralat berita tersebut melalui sebuah konferensi pers. "Data dari masyarakat itulah yang tidak betul," tambah Hatta.

Hingga saat ini regu penyelamat di darat masih berusaha mencari kapal nahas itu. Sementara tim penolong yang menggunakan pesawat boeing baru akan kembali menyisir dari udara besok. Daerah yang sudah disisir antara lain daerah Mamuju, perairan Majene, dan Polewali Mandar.

Saat dihubungi SCTV, Hatta Rajasa sedang rapat koordinasi dengan sejumlah pihak termasuk Komandan Landasan Udara Hasanuddin Makassar Marsekal Pertama Edy Suyanto. Edy juga menegaskan telah menyisir lokasi yang diduga titik koordinat bangkai pesawat Adam Air namun hasilnya nihil. "Di Polewali, pada ketinggian 1.500 feet juga tak bisa ditemukan," tambah Edy.

Rencananya besok tim akan memperluas area penyisiran. Antara lain ke daerah Rantepao dan memperluas penyisiran di perairan Majene.

Kesimpangsiuran berita ini berawal dari Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh yang menyatakan pesawat nahas itu ditemukan di Kecamatan Matangnga, Polewali Mandar. Bahkan Adnan meyakinkan telah menemukan 90 jasad dan 12 lainnya belum bisa dipastikan. "Sementara ini sudah ditemukan 90 jenazah," kata Anwar saat dihubungi via telepon [baca: Pesawat Adam Air Ditemukan, 90 Tewas].(YAN/Tim Liputan 6 SCTV)
    Loading