Sukses

Ribuan Demonstran Berkumpul di Kawasan Tugu Kujang

Menjelang kedatangan Presiden AS George Walker Bush, petugas keamanan semakin memperketat penjagaan di kawasan Tugu Kujang, Bogor. Kawasan ini sudah dipadati ribuan demonstran dari Partai Keadilan Sejahtera dan mahasiswa.

Liputan6.com, Bogor: Beberapa jam sebelum kedatangan Presiden Amerika Serikat George Walker Bush, situasi Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (20/11) masih terlihat sepi. Meski begitu aparat TNI dan Polri masih menjaga ketat berbagai sudut kota.

Reporter SCTVBimo Cahyo melaporkan, penjagaan ketat terutama terlihat di sekitar Tugu Kujang. Penjagaan ini terutama untuk mengantisipasi unjuk rasa yang akan dilakukan sekitar 5.000 anggota Partai Keadilan Sejahtera. Massa dari partai ini sudah berkumpul sejak pukul 09.00 WIB di dekat pertigaan Jalan Baranangsiang. Demonstran tertahan di jalan ini karena dilarang petugas keamanan mendekati kawasan Tugu Kujang. Polisi sengaja memasang barikade berupa pagar kawat berduri.

Namun aksi menentang kedatangan Presiden Bush itu sempat diwarnai bentrokan antara massa Front Anti Imprealisme dan polisi. Insiden terjadi saat pengunjuk rasa berupaya menerobos penjagaan untuk bisa memasuki kawasan Tugu Kujang.

Menjelang kedatangan Bush, kegiatan warga Kota Bogor juga sudah mulai dibatasi. Warga yang tinggal berdekatan dengan Kebun Raya dan Istana Bogor diimbau untuk tidak keluar rumah terkecuali mempunyai keperluan mendesak. Untuk itu sejumlah ruas jalan yang berbatasan langsung dengan Kebun Raya Bogor langsung ditutup. Aparat TNI dan Polri menjaga ketat kawasan ini.

Meski kegiatannya dibatasi, sejumlah warga menyimpan harapan agar pertemuan Presiden Yudhoyono dan Bush membawa dampak positif. "Mudah-mudahan kedatangan Bush ke Indonesia bisa memperbaiki situasi perekonomian," kata Ade, warga Bogor.

Situasi di Kota Hujan saat ini terlihat lengang [baca: Bogor Bak Kota Mati]. Beberapa pusat perbelanjaan dan pasar memilih tidak beroperasi sama sekali. Selain itu arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan mulai ditutup atau dialihkan. Jalan yang ditutup terutama yang berada di lingkaran ring satu atau berada di sekitar Istana Bogor. Ketentuan ini berlaku sejak pukul 06.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Bagi warga Kota Jakarta yang akan menuju Bogor dengan menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan Tol Jagorawi harus keluar sebelum gerbang jalur tol arah Terminal Baranangsiang. Sebaliknya bagi warga Bogor yang hendak menuju Jakarta melalui jalan yang sama harus memutar menggunakan jalur alternatif di Jalan Sancang. Pasalnya Terminal Baranangsiang akan ditutup hingga malam nanti. Para pengguna jasa angkutan bus umum dialihkan ke Terminal Ciawi.(IAN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.