Sukses

Kelompok di Papua Mulai Berunding

Dua kelompok yang bertikai di Kwamki Lama, Mimika, Papua, sepakat menghentikan perang. Mereka berunding untuk membahas upaya damai dalam pertemuan yang digawangi Wakil Gubernur Papua Alex Hesegem.

Liputan6.com, Mimika: Upaya Majelis Rakyat Papua untuk mendamaikan perang suku di Kwamki Lama mulai menunjukkan hasil. Setelah bentrok tanpa henti selama hampir dua pekan terakhir, dua kelompok yang bertikai melakukan gencatan senjata. Mereka sepakat menghentikan pertikaian.

Rencananya, Wakil Gubernur Papua Alex Hesegem memimpin pertemuan di Hotel Sheraton Mimika, Papua, Kamis (7/9) siang ini. Pertemuan melibatkan Ketua MRP Agus Alua, anggota Musyawarah Pimpinan Daerah setempat, aparat keamanan, dan tokoh agama. Panglima perang dari kedua kelompok yakni Elminus Mom dari Kwamki Lama Tengah dan Negro Wanembo dari Kwamki Lama Atas juga terlibat dalam pembicaraan damai ini.

Meski demikian, kedua kelompok masih tetap bersiaga di garis netral selebar 500 meter yang menjadi batas Kampung Kwamki Lama Tengah dan Kwamki Lama Atas. Warga masih menenteng senjata. Mereka menunggu hasil pertemuan termasuk tuntutan ganti rugi atas nyawa yang melayang dalam perang antarsuku itu.

Upaya perdamaian kali ini diharapkan benar-benar mampu menghentikan pertikaian yang telah meminta belasan korban jiwa. Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Polisi Tommy Jacobus meminta seluruh unsur masyarakat, Majelis Rakyat Papua, dan tokoh adat melakukan pendekatan adat untuk mengakhiri pertikaian [baca: Kubu Bertikai di Mimika Meminta Ganti Rugi].(TOZ/Tim LIputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini