Sukses

Hubungan Telkom-Aria West Berakhir

PT Telkom memutuskan hubungan kerja sama operasional dengan PT Aria West Internasional. Alasan perceraian itu tak jelas.

Liputan6.com, Jakarta: PT Telkom menghentikan kerja sama operasional dengan PT Aria West International. Kebijakan itu diambil berdasarkan masukan tim yang beranggotakan wakil dari Departemen Keuangan, Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi serta Kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Demikian ditegaskan Menteri Perhubungan dan Telekomunikasi Agum Gumelar usai Sidang Kabinet di Jakarta, Kamis (12/4) petang.

Namun, Agum tak menjelaskan alasan penghentian, termasuk untung rugi dan implikasi hukum dari keputusan tersebut. Dia hanya menjelaskan, mekanisme pemutusan kerja sama itu dilaksanakan berdasarkan klausul kontrak yang ada.

Sebelumnya, PT Aria West dan Telkom bersepakat membangun jaringan telekomunikasi divisi regional Jawa Barat. Ketika proyek berjalan, Aria West mempersoalkan Telkom yang ingkar membangun lebih dari 100 ribu jalur telepon baru. Akibatnya, Aria West menahan porsi keuntungan Telkom sebesar Rp 340 miliar. Bukan itu saja, Aria West juga menggugat Telkom ke Mahkamah Arbitrase Internasional di Jenewa, sebesar US$ 1,3 miliar. Sebaliknya, Telkom menganggap tudingan anak perusahaan AT&T itu tak masuk akal dan bersedia menempuh proses hukum.(TNA/Indy Rahmawati dan Prihandoyo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini