Sukses

Kebaya Mepamit Mahalini Ternyata Sudah Dipesan Sejak Tahun Lalu

Ide rancangan kebaya mepamit itu datang setelah melihat sosok Mahalini.

Liputan6.com, Jakarta - Mahalini baru saja melaksanakan salah satu prosesi adat sebelum pernikahan, yaitu mepamit pada Minggu, 5 Mei 2024. Calon istri Rizky Febian itu tampak cantik mengenakan kebaya dengan hiasan kepala khas perempuan Bali.

Diketahui kebaya mepamit perempuan bernama asli Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja tersebut dirancang desainer Asky Febrianti. Perancang mode yang memang sudah jadi langganan para artis dengan konsep effortless beuaty ini membagikan proses kreatif dan detail pada kebaya berhias raya tersebut.

PadaLifestyle Liputan6.com, Asky mengatakan, Mahalini telah datang dan meminta dibuatkan kebaya sejak tahun lalu. Hal ini cukup mengejutkan, mengingat kabar pernikahan pasangan penyanyi tersebut baru terembus di Maret tahun ini.

Asky mengatakan bahwa ide rancangannya datang setelah melihat sosok penyanyi berusia 24 tahun tersebut. Sang desainer merasa ia harus membuat kebaya yang memang sesuai dengan gaya Mahalini. "Lebih melihat sosok Mahalini yang vibe-nya memang ingin terlihat Mahalini sekali," ujarnya pada Senin, 6 Mei 2024.

Dengan bahan dasar renda Prancis yang mewah, ia mengaku Mahalini tidak banyak meminta detail spesifik soal kebayanya. Bahkan, ia hanya meminta diberikan warna yang sesuai dengan gayanya, menurut Asky.

Mahalini dan Rizky Febrian diinformasikan akan melaksanakan pernikahan pada Rabu, 8 Mei 2024 di Jakarta. Soal apakah Asky juga merancang busana pengantin pada acara akad nanti, ia memilih tidak menjawab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warna Tembaga yang Mewah dengan Motif Pura di Punggung

Salah satu permintaan Mahalini dalam desain kebaya mepamitnya adalah warna tembaga dengan kesan mewah. Asky mengatakan, warna tersebut dipilih karena cocok dengan warna kulit putih perempuan kelahiran 2000 tersebut.

"Untuk model memang tidak terlalu berlebihan, tapi untuk detail, saya selalu memberi perhatian lebih, sehingga walau terlihat simpel secara potongan, (busana tetap) terlihat 'hidup,'" tutur Asky ketika ditanya soal detail potongan kebaya dan manik-manik yang dipasang.

Ia menambahkan, ada ikat pinggang warna fuschia yang kontras dengan kebaya. Sabuk tersebut jadi penegas bentuk tubuh sang diva yang ramping. Untuk bawahan, Mahalini mengenakan rok Bali bernama Kamen dengan motif alur Bali. Rok tersebut juga ditimpali manik-manik beragam warna yang mencolok. 

Salah satu detail menarik lainnya dari kebaya Mahalini adalah motif pura di bagian punggung atasnya. Asky mengaku bahwa itu adalah idenya. "(Ide desain pura) dari saya, karena acara di Bali dan mau acara mepamit, jadi dikhususkan ke ciri khas tempat (asal) Mahalini," sebut Asky.

3 dari 4 halaman

Mengenal Mapamit, Prosesi Menjelang Pernikahan yang Dilakukan Mahalini

Sebagai perempuan Bali, Mahalini harus menjalankan upacara adat Bali yang dikenal dengan mepamit dan medharma suaka. Apakah itu mepamit dan dharma suaka? Keduanya memiliki makna berbeda. Melansir berbagai sumber, arti kata mepamit adalah berpamitan atau perpisahan.

Sesuai artinya, upacara adat Bali Mepamit dilakukan calon mempelai untuk berpamitan dengan daerah asalnya karena akan menjalani kehidupan di tempat baru. Ritual tersebut dilaksanakan di rumah calon pengantin wanita.

Maknanya untuk berpamitan pada para leluhur yang berasal dari pihak mempelai wanita, sebab ia akan menikah dan telah menjadi tanggung jawab keluarga calon pengantin pria. Pada prosesi tersebut, kedua mempelai beserta keluarga maupun kerabat dekat mendatangi keluarga wanita.

Mereka membawa sesajen (banten), antara lain ketipat bantal, sumping, cerocot, apem, dan wajik, serta aneka penganan tradisional berwarna putih dan merah. Lalu, apa itu dharma suaka? Dalam prosesi ini, mempelai akan diberikan wejangan kebaikan dari orangtua.

Dalam praktiknya, dharma suaka dapat diterjemahkan sebagai upaya melindungi dan membantu mereka melalui bantuan materi, dukungan emosional, atau memberi tempat perlindungan. Dalam konteks ini, orangtua membantu secara emosional lewat nasihat.

4 dari 4 halaman

Respons Menohok Rizky Febian saat Rencana Pernikahannya dengan Mahalini Sempat Dianggap Tidak Sah

Terkait rencana pernikahan pasangan penyanyi ini, sejumlah warganet sempat mencibir Rizky Febian, lantaran memilih menikah dengan wanita yang berbeda keyakinan. Tentu saja pria yang akrab disapa Iky ini hanya bisa tersenyum atas dugaan liar itu.

Pasalnya, Sule akhirnya mengonfirmasi bahwa setelah mengikuti upacara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024, Mahalini dipastikan bakal pindah keyakinan jadi seorang Muslimah. Namun sebelum Sule mengonfirmasi hal itu, banyak pihak yang terlanjut karena mengira Rizky menggelar pernikahan di Bali secara beda agama.

Selain warganet, komentar dingin sempat disampaikan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH. Muhammad Cholil Nafis."Pliss baca berita mahalini sama rizky udah nikah beda agama dan di bilang tidak sah, belum nikah ternyata," celetuk seorang warganet.

Komentar tersebut langsung disahut oleh reaksi Rizky Febian dengan mengirimkan emotikon jempol.

Selain bereaksi terhadap netizen, Rizky turut mengunggah gambar yang menyiratkan sindiran terhadap orang-orang yang sok tahu mengenai keputusannya menikah dengan Mahalini. "Alangkah baiknya membaca resep sebelum memasak," tulisnya di Instagram Story, Senin, 6 Mei 2024. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini