Sukses

Gunung Ruang Erupsi, Calon Pengantin Perempuan Curhat Gagal Nikah karena Penerbangan Dibatalkan

Pengantin perempuan ini seharusnya menikah pada Jumat, 19 April 2024 di Singapura, namun penerbangannya batal karena Gunung Ruang erupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perempuan melewatkan pernikahannya sendiri pada Jumat, 19 April 2024 karena ia tidak dapat mengejar penerbangan ke Singapura. Perjalanan udara dari Serawak, Malaysia, dibatalkan karena Gunung Ruang erupsi.

Mengutip Independent, Sabtu (20/4/2024), calon pengantin itu semula dijadwalkan terbang keluar dari Miri, namun diberitahu bahwa penerbangannya telah dibatalkan saat ia sudah sampai di bandara dan sedang check-in pada Kamis, 18 April 2024.

Penumpang lain yang kebetulan berdiri di samping pengantin tersebut mendengar apa yang ia katakan. "Saya akan menikah di Singapura besok (Jumat, 19 April 2024), dan kami seharusnya mengadakan pesta pernikahan dengan seratus tamu di sana," ujarnya. "Sekarang penerbangannya dibatalkan, apa yang bisa saya lakukan?"

Mengutip AsiaOne, banyak penumpang di sana yang terkejut dengan pembatalan penerbangan akibat letusan Gunung Ruang. Beberapa maskapai penerbangan, termasuk Scoot, membatalkan penerbangan setelah otoritas memperingatkan risiko keselamatan, lapor CNA.

TR415, penerbangan Scoot yang seharusnya ditumpangi calon pengantin perempuan tersebut, dibatalkan bersama tiga penerbangan Scoot lain yang dijadwalkan antara Singapura dan Malaysia pada Kamis sore. "Scoot membantu mengakomodasi kembali pelanggan yang terdampak ke penerbangan berikutnya, jika tersedia," kata maskapai tersebut.

Pelanggan yang terdampak dan memilih tidak melanjutkan perjalanan mereka juga dapat meminta pengembalian dana penuh, tambah Scoot. "Scoot meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Keselamatan pelanggan dan kru kami adalah prioritas utama kami," sebut mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semua Penerbangan Dibatalkan

Dua penerbangan Scoot antara Manado dan Singapura juga dibatalkan pada hari itu. Penerbangan Malaysia Airlines, AirAsia, dan Batik Air pun terdampak erupsi Gunung Ruang. Kolom abu gunung berapi tersebut mencapai ketinggian 1,5 kilometer.

Penerbangan AirAsia dari Kota Kinabalu, Tawau, Sandakan, Labuan, Miri, Sibu, Bintulu, Kuching, dan Brunei terdampak erupsi Gunung Ruang, sementara Malaysia Airlines dan Batik Air membatalkan penerbangan antara Kuala Lumpur dengan Sabah dan Sarawak. Lebih dari 11 ribu orang telah diminta meninggalkan daerah terdampak letusan.

"Letusan Gunung Ruang memuntahkan abu, bebatuan, dan kerikil yang berjatuhan sejauh lima kilometer di pesisir Pulau Tagulandang. Beberapa warga dilaporkan terkena lemparan batu dan batu tersebut," kata juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia, Abdul Muhari.

Sementara itu, status aktivitas Gunung Api Ruang kini naik jadi Level IV (AWAS). Sebelumnya pada Selasa, 16 April 2024, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan status Gunung Ruang ada di Level III (Siaga).

3 dari 4 halaman

Evakuasi Warga Terdampak Ditingkatkan

Proses pengamanan dan evakuasi warga terdampak erupsi Gunung Ruang di Pulau Tagulandang terus dilakukan. Mengutip kanal Regional Liputan6.com, Kepala Basarnas Manado, Monce Brury, menyampaikan pihaknya menambah 10 personil lagi beserta alat pendukung untuk mengevakuasi masyarakat.

"Jadi tim Basarnas kami siagakan di sana sebanyak 35 personil untuk membantu pengamanan," ujarnya, Kamis malam, 18 April 2024. Monce mengatakan, pihaknya telah mengevakuasi masyarakat setempat, pegawai Lapas Tagulandang, serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ke Minahasa Utara.

"Kami akan selalu berkoordinasi ke semua instansi pemerintah setempat untuk menjamin keselamatan masyarakat," tuturnya. Ia mengatakan, proses pengamanan saat ini masih berlanjut di Tagulandang. Sementara intensitas perkembangan Gunung Ruang tercatat meningkat sejak Rabu malam, dengan keluarnya larva dan bebatuan yang jatuh.

"Tim SAR gabungan sudah memberi imbauan pada masyarakat yang tinggal di radius enam kilometer agar secepatnya mengungsi, sehingga (erupsi Gunung Ruang) tidak memakan korban jiwa," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Bantuan Mendesak untuk Warga Terdampak

Pemerintah Provinsi Sulut telah menyalurkan bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Ruang, khususnya yang berada di pengungsian. "Sejumlah bantuan sudah dikirim untuk korban bencana erupsi Gunung Ruang," kata Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, pada Rabu, 17 April 2024.

Bantuan yang sudah dikirim berupa 20 kasur, lima ribu masker, terpal, 20 lembar selimut, 15 dus mi instan, 800 paketmakanan siap saji, 500 paket lauk pauk siap saji, 500 paket makanan anak, dan 100 lembar selimut. 

Bantuan lain yang juga sudah disalurkan antara lain 200 paket sandang dewasa, 150 paket sandang anak, 100 lembar tenda gulung, 20 unit tenda keluarga, dua unit dan tenda serbaguna. Tim Dinas Sosial Provinsi Sulut pun telah berangkat membawa bantuan bersama PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Basarnas Manado menyatakan belum menerima aduan adanya korban jiwa selama operasi penangan darurat dampak erupsi Gunung Ruang di Kepulauan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulut, lapor kanal Regional Liputan6.com, Jumat, 19 April 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.