Sukses

Warga Jakarta Banyak yang Mudik, Kemacetan Justru Terjadi di Kawasan PIK Saat Lebaran

Di masa libur Lebaran ini tetap saja ada beberapa titik kemacetan, salah satunya di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Kemacetan terjadi pada malam hari di hari pertama Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Di momen libur Lebaran seperti sekarang ini, Jakarta biasanya lengang dibandinkan hari-hari biasa karena banyak warganya yang mudik. Meski begitu, tetap saja ada beberapa titik kemacetan di Jakarta, salah satunya ternyata di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Kemacetan terjadi pada malam hari di hari pertama Lebaran 2024, Rabu, 10 April 2024. Informasi itu banyak beredar di media sosial, termasuk di akun Instagram @lifeat.jkt yang melansir dari akun TikTio @monochrome_88.

"Siapin bekel sih klo kata gw 🫠 Lapar mual lapar, belom nyampe juga 🤢 #PIK #lebaran2024," tulis keterangan unggahan tersebut pada Rabu.

Dalam video singkat itu, terlihat situasi jalanan di Jakarta yang macet dan dituliskan di derah PIK. "Ini bukan macet mudik tapi macet makan di PIK,” tambah keterangan dalam unggahan itu.

Tak hanya di hari pertama, kemacetan di kawasan PIK terulang di hari kedua Lebaran, Kamis (11/4/2024). Namun beda dengan hari Lebaran pertama , kemacetan di hari kedua Lebaran sepertinya terjadi di pagi atau siang hari karena cuaca masih terang.

Informasi itu juga beredar di akun Instagram @lifeat.jkt yang kali mengutip dari akun TikTok @gmarcellaa, Kamis. "Pindah doang ramenya di PIK ya ges😄,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut. Dilihat dari komentar beberapa warganet, kemacetan itu kemungkinan dimulai dari gerbang tol JLB Kamal Utama hingga Pantai Pasir Putih PIK 2.

Kemacetan menuju PIK pun juga viral di media sosial lainnya termasuk di akun X (dahulu Twitter). Sejumlah warganet mengeluhkan padatnya jalan menuju PIK, sehingga perjalanan mereka terhambat sampai lebih dari satu jam. Banyaknya tempat makan yang tetap buka selama libur Lebaran diyakini jadi alasan utama yang membuat kawasab PIK didatangi banyak pengunjung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Makan dan Kemacetan di PIK

"Gokil, PIK macet banget," komentar seorang warganet.

"Weh ini warga PIK enggak ada yang keluar kota/negeri apa ya? tetap macet aja," kata warganet lain.

"Pik, ragunan, TMII, ancol dan segala tempat wisata tumpah2 penuh poll😂," sahut warganet lain.

"Ga nyaman buat tinggal .terlalu crowded di PIK,” ujar warganet lainnya.“Resto lain pd tutup yg buka cm di PIK 😂,” timpal warganet yang lain.

"Akses ke pik ngelewatin pik 1 saja...ada jalur 1 lagi arah bandara jalur tanjung pasir cuma jalannya banyak lobangnya,” tulis warganet lainnya memberi saran jalan alternatif ke kawasan PIK.

Tempat wisata di Pantai Indah Kapuk memang cukup beragam. Destinasi wisata alam seperti pantai hingga hutan mangrove, wisata permainan anak-anak, wisata mall, hingga wisata kuliner dapat kamu temukan di PIK. Karena itulah tempat ini cocok sekali untuk liburan keluarga.

PIK berlokasi dekat dengan lautan, tentunya kamu bisa menikmati suasana alam pantai yang indah. Berikut beberapa temapt wisata di kawasan PIK, melansir kanal Hot dan Lifestyle Liputan6.com.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Angke Kapuk merupakan ekosistem lahan basah yang didominasi oleh pepohonan mangrove. Surga hijau seluas 99,82 hektare ini terletak di kelurahan Kamal Muara yang bersebelahan dengan kawasan elit Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara. Lokasinya cukup mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Kawasan konservasi alam mangrove yang dibuka sejak 2010 ini dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam. Yang tak kalah pentingnya adalah fungsinya sebagai tempat habitat dan naungan bagi beberapa jenis satwa liar.

3 dari 4 halaman

Pantai Mutiara

Pantai Mutiara ini berlokasi di Muara Karang. Di sini, kamu bisa melihat hamparan laut luas dengan suara deburan ombak yang pastinya menenangkan pikiran. Pantai Mutiara ini terbuka untuk umum walaupun berada di kompleks perumahan elite Pantai Mutiara.

Menikmati pemandangan pantai ini saat senja tentunya sangat syahdu. Dengan langit yang perlahan berubah menjadi warna oranye dan refleksi sunset di permukaan air akan memberikan ketenangan.

Jetski Café dan Dapur Seafood

Mengunjungi Pantai Mutiara, kamu juga bisa menikmati kuliner enak dengan berkunjung ke Jetski Café dan Dapur Seafood. Sama-sama menawarkan makanan laut yang pastinya menggugah selera, di Jetski Café kamu bisa menyewa jetski juga sesuai namanya.  Di sini kamu akan mendapatkan suasana romantis tepi pantai sembari menikmati makanan lezat.

Sedangkan Dapur Seafood memberikan kesan mewah yang jarang bisa kamu temui di tempat makan yang ada di Jakarta. Restoran dengan menu utama seafood ini memiliki sebuah dermaga lengkap dengan kapalnya. Kamu juga bisa menyewa kapal sebagai tempat kamu untuk makan.

Waterboom PIK

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Waterboom PIK Bagi kamu yang ingin liburan bersama keluarga, tentunya waterboom PIK ini sangat cocok dijadikan destinasi utama. Anak-anak akan sangat gembira liburan ke tempat ini dengan segala macam permainan yang ditawarkannya.

4 dari 4 halaman

White Sands Beach PIK 2

Tempat ikonik di PIK 2 adalah pantai pasir putihnya, atau yang dikenal dengan White Sand Beach PIK 2. Di sini, kamu bisa menikmati pasirnya yang lembut sembari memanjakan lidah dengan deretan food court yang ada. Selain itu, pertunjukan live music juga akan menghibur siapapun yang datang ke tempat ini.

Food Street PIK

Kalau kamu hanya ingin berfokus mengeksplor kuliner, Food Street PIK bisa menjadi pilihan yang cocok. Tempat ini menyediakan banyak jenis makanan, mulai dari nusantara hingga asian food. Menariknya, makanan di sini harga kaki lima namun kualitasnya bintang lima. Jadi, dengan harga yang terjangkau. Nah, karena tempatnya outdoor, disarankan untuk datang di malam hari agar suasananya lebih sejuk.

COVE at Batavia

Tenpat ini merupakan wilayah kuliner dengan suasana yang kekinian. Adanya food court yang dihiasi dengan pemandangan laut menjadi daya tarik dari tempat ini. Supaya bisa menikmati golden hour dan sunset yang indah, sangat disarankan untuk datang pada sore hari.

Wisata Aloha PIK 2

Wisata Aloha PIK 2 yang bernuansa pantai Hawaii ini belum lama dibuka, tepatnya pada Agustus 2023. Sederetan fasilitas pun melengkapi kawasan ini, seperti Land’s End, Beach Club, Holiday Inn Resort, Ginza Beach Walk, dan Community Park.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.