Sukses

Bali Diprediksi Dikunjungi 1,5 Juta Wisatawan Saat Libur Lebaran 2024

Pada momentum libur lebaran 2024 ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Bali memprediksi jumlah 1.502.825 wisatawan domestik yang akan berkunjung ke Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Momen Lebaran tidak hanya dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk mudik dan berkumpul bersama keluarga, tapi juga menikmati liburan. Salah satu daerah yang banyak dikujjungi wisatawan selama libur Lebaran adalah Bali.

Banyak daerah yang punya tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Indonesia dengan panorama yang indah. Begitu pula dengan Bali yang merupakan destinasi favorit banyak orang. Selain alamnya yang indah, Bali juga memiliki kuliner yang enak dan beragam budaya yang sangat kental.

Pada momentum libur lebaran 2024 ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Bali memprediksi jumlah 1.502.825 wisatawan domestik yang akan berkunjung ke Bali. Dilansir dari Instagram @balibroadcast pada 1 April 2024, jumlah kunjungan ini ternyata mengalami peningkatan sekitar 19,61 persen dari jumlah wisatawan pada libur lebaran tahun 2023 sebanyak 1.256.438 wisatawan.

Selaiin itu akan ada sekitar 180 ribu kendaraan masuk ke Bali lewat Gilimanuk. Melihat lonjakan wisatawan saat libur lebaran di Bali, Polda Bali menyiagakan ribuan personel untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan dan orang selama liburan lebaran 2024

"Yang perlu kami antisipasi adalah yang keluar Bali. Puncaknya hari H orang datang ke Bali sebagai wisatawan," kata Kepala Bidang Operasi Polda Bali, Kombes Pol Soelistijono, dikutip dari Antara, Minggu (7/4/2024).

Pemangku kebijakan di Bali sudah mengantisipasi sejumlah kemungkinan untuk menghindari terjadinya bencana hingga kemacetan. Bakal ada keramaian di titik-titik tertentu oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemanyun mengungkapkan jauh sebelum Lebaran pihaknya kembali mengecek kesiapan berbagai tempat wisata saat kedatangan turis. Ia juga memberikan imbauan kepada para stakeholder untuk menjaga keamanan dan kebersihan di area wisata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pusat Kemacetan di Bali

"Secara umum Polda Bali juga sudah mempersiapkan, sampai perhubungan darat, udara dan laut dari bandara dan mereka yang masuk melalui Pelabuhan Gilimanuk," terang Tjok Bagus saat dihubungi melalui sambungan telepon dengan Liputan6.com, Kamis, 28 Maret 2024.

Terkait koordinasi pihak terkait, untuk pengaturan lalu lintas di ruas jalan tol dan non tol saat Lebaran 2024, menurut Tjok, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Korlantas Polri dan kementerian terkait juga mengatur pergerakan angkutan orang dan barang di pelabuhan penyeberangan. Khususnya pada empat pelabuhan penyeberangan utama yaitu Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Sementara itu, salah satu yang kerap menjadi masalah di Bali adalah kemacetan yang juga sudah diantisipasi. "Beberapa pusat kemacetan di kawasan Tanah Lot, Uluwatu, Kuta dan termasuk tempat penyebrangan kami sudah membuat skemanya," jelas Tjok Bagus.

Bali sendiri masih menjadi destinasi favorit untuk libur lebaran. Tjok memprediksi kenaikan jumlah wisatawan selama libur Lebaran sebesar 10--15 persen. "Objek wisata kita berdekatan dan berbagai hal bisa kita nikmati termasuk akomodasi yang pilihannya beragam di Bali dari kelas atas sampai bawah ada," jelas Tjok lagi.

 

3 dari 4 halaman

Libur Lebaran dan High Season Kedatangan Wisman

Momen libur lebaran ini menurutnya juga bertepatan dengan high season kedatangan turis asing atau wisman (wisatawan mancanegara) di Bali yang memang diramalkan akan terjadi di bulan April. Tjok menyebut, destinasi yang akan ramai masih seputar di Tanah Lot, Uluwatu, Desa Penglipuran, dan Danau Bedugul.

"Kita mendorong pengelola tempat wisata agar melaksanakan kegiatannya sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur), kita mengimbau juga para wisatawan mancanegara dan domestik agar membaca ramalan cuaca dan mengikuti prosedur seperti tidak berfoto di tempat yang curam berbahaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Sementara itu, jumlah kedatangan penumpang di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, pada Rabu, 3 Aperil 2024 atau H-7 Lebaran, mulai meningkat. Berdasarkan data PT ADP Ketapang Banyuwangi, jumlah penumpang yang keluar via pelabuhaan Gilimanuk Bali untuk penumpang pejalan kaki dan penumpang dalam kendaraan mencapai 24.336. Sedangkan untuk kendaraan roda 2 mencapai 3.557 unit, Kendaraan kecil 2.034 unit, kendaraan bus 266 dan kendaraan truk 2.091 unit.

Menurut General Manager PT ASDP Ketapang Banyuwangi Syamsudin, lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 2024 meningkat 19-24 persen dibandingkan arus mudik lebaran 2023. Kenaikan tersebut terutama untuk kendaraan roda dua, kendaran kecil dan bus.

4 dari 4 halaman

Area Pelabuhan Gilimanuk

"Khusus roda dua estimasi peningkatanya 19-24 persen dibandingkan tahun lalu " ucapnya, Rabu, 3 April 2024), melansir kanal Surabaya Liputan6.com.

Syamsudin memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada akhir pekan sebelum lebaran, yaitu pada H-4 dan H-3 Hari Raya Idul Fitri. Hal ini dikarenakan adanya libur panjang sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Prediksi kita mungkin di akhir pekan mulai H-6 dan H-5 lebaran itu sudah mulai ramai. Tapi untuk puncaknya mungkin di hari Sabtu dan Minggu atau malam Minggu dan malam Senin,” tambahnya.

Syamsudin mengimbau kepada para pemudik untuk menyiapkan diri dari jauh-jauh hari. Pastikan semua peralatan mudik lengkap. Dan yang terpenting, untuk menyiapkan tiket sebelum memasuki area Pelabuhan Gilimanuk.

"Siapkan tiket maksimal H-1 sebelum penyebrangan. Lebih baik membeli tiket lewat aplikasi Ferzy atau nanti bisa membelinya secara offline di terminal Kargo Gilimanuk. Karena di sana bakal dibuka gerai- gerai penjualan tiket secara terpusat juga," paparnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini