Sukses

Respons Pribadi Pangeran William terhadap Pesan Pangeran Harry Usai Kate Middleton Didiagnosis Kanker

Pangeran William, yang sudah berbulan-bulan tidak berbicara dengan adiknya, disebut mengirim pesan teks sebagai balasan atas ucapan dukungan Pangeran Harry dan Meghan Markle, yang mereka kirimkan setelah pernyataan publik Kate Middleton.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Wales dilaporkan menanggapi pesan dukungan Pangeran Harry setelah Kate Middleton didiagnosis menderita kanker. Pangeran William, yang sudah berbulan-bulan tidak berbicara dengan adiknya, disebut mengirim pesan teks sebagai balasan atas ucapan dukungan pasangan Sussex, yang mereka kirimkan setelah pernyataan publik Kate pada Jumat, 22 Maret 2024.

Namun, menurut The Mirror, dikutip dari news.com.au, Selasa (26/3/2024), percakapan tersebut tidak terlalu bersahabat. Anak sulung Raja Charles III ini dikatakan memilih tidak menggunakan kata-kata yang "hangat dan informal."

"Harry dan Meghan telah berkomunikasi dengan William, tapi pesan pribadi mereka hanyalah pesan simpati dan tidak berisi saran untuk berbaikan dan membiarkan masa lalu berlalu atau bahwa Harry harus segera terbang kembali ke Inggris," kata penulis kerajaan Tom Quinn.

Ia menyambung, "Terlalu banyak perasaan tidak enak untuk itu. William, yang masih terluka oleh semua yang dikatakan Harry di masa lalu, telah merespons, namun tanggapan tersebut sangat diarahkan pihak istana, dan ini bukanlah respons hangat dan informal yang Anda harapkan dari satu saudara ke saudara lain."

"Ini lebih seperti komunikasi yang akan Anda dapatkan antara dua diplomat yang sedikit waspada," imbuhnya. Menyusul pengakuan Kate, Duke dan Duchess of Sussex dengan cepat merilis pernyataan yang menunjukkan dukungan, meski ada keretakan dengan keluarga Wales.

Pesan itu berbunyi, "Kami mendoakan kesehatan dan kesembuhan Kate dan keluarga, dan berharap mereka dapat melakukannya secara pribadi dan damai." Sementara itu, dilaporkan pada akhir pekan bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle belum diberitahu secara pribadi terkait kondisi Putri Wales menjelang siaran tersebut. Seperti publik di seluruh dunia, mereka mengetahuinya dari video online.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fokus Melindungi Kate Middleton

Hal ini terjadi di tengah klaim bahwa Pangeran Harry ingin berdamai dengan keluarganya, terutama mengingat perjuangan ayahnya melawan kanker. Menurut Telegraph, hal ini mungkin didukung rencana Duke menghadiri kebaktian di Katedral St Paul pada Mei 2024 untuk memperingati 10 tahun Invictus Games, meski ini belum dikonfirmasi secara resmi.

Namun, publikasi tersebut menambahkan bahwa upayanya mengakhiri keretakan kemungkinan akan ditolak William. Sumber yang dekat dengan keluarga Wales mengatakan, di tengah semua kekhawatiran mereka, "masalah Harry" bahkan tidak masuk dalam daftar prioritas.

Dengan kepercayaan pada pasangan Sussex yang "benar-benar hancur," Pangeran Wales sekarang hanya fokus melindungi istrinya, termasuk dari tekanan tambahan. Kate, yang jadi pusat spekulasi dalam beberapa minggu terakhir, membagikan diagnosisnya pada dunia dalam sebuah video emosional pada Jumat malam, waktu Inggris.

"Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, secara pribadi, atas semua pesan dukungan yang luar biasa dan atas pengertian Anda selama saya menjalani pemulihan dari operasi," katanya dalam klip tersebut. "Beberapa bulan ini merupakan bulan-bulan yang sangat sulit bagi seluruh keluarga kami, namun saya memiliki tim medis luar biasa yang telah merawat saya dengan baik, dan saya sangat berterima kasih atas hal tersebut."

 

3 dari 4 halaman

Pernyataan Publik Kate Middleton

Kate Middleton menambahkan bahwa kanker yang diidapnya ditemukan setelah operasi perut pada Januari 2024, dan hal itu merupakan "kejutan besar." Meski diagnosisnya tidak bisa dikatakan baik, bangsawan berusia 42 tahun itu bersikeras bahwa ia jadi "lebih kuat setiap hari."

"Saya baik-baik saja dan jadi lebih kuat setiap hari dengan berfokus pada hal-hal yang akan membantu saya sembuh; dalam pikiran, tubuh, dan jiwa saya," katanya. "Memiliki William di sisi saya juga merupakan sumber kenyamanan dan kepastian. Seperti cinta, dukungan dan kebaikan yang telah ditunjukkan banyak dari Anda, itu sangat berarti bagi kami berdua."

"Kami berharap Anda memahami bahwa, sebagai sebuah keluarga, kami sekarang memerlukan waktu, ruang, dan privasi, sementara saya menjalani perawatan saya. Pekerjaan saya selalu memberi saya rasa gembira yang mendalam dan saya berharap dapat kembali ketika saya mampu, namun untuk saat ini, saya harus fokus menjalani pemulihan penuh," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Menyepi Bersama Anak-Anak

Menyusul pengumuman tersebut, Pangeran William dan Kate Middleton memboyong ketiga anak mereka: Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, dengan helikopter ke rumah pedesaan mereka di Anmer Hall. Mengutip news.com.au, Senin, 25 Maret 2024, langkah tersebut diambil pasangan Wales untuk "melindungi" anak-anak mereka.

Keluarga Wales dikabarkan akan menyepi di rumah perkebunan itu selama tiga minggu ke depan pada liburan Paskah yang diperpanjang. Baik William maupun Kate diperkirakan tidak akan menghadiri kebaktian gereja Paskah akhir pekan ini di Windsor. William juga tidak dijadwalkan melanjutkan tugas kerajaan hingga 17 April 2024.

Pengumuman Kate pada Jumat, 22 Maret 2024, bukan suatu kebetulan. Ia dilaporkan memilih hari itu untuk membagikan beritanya bertepatan dengan akhir masa sekolah anak-anaknya. 

"Saya paham, sebenarnya Putri membuat keputusan dua minggu lalu bahwa ia akan membuat pernyataan publik ini," kata editor The Sun, Victoria Newton, pada radio BBC. "Yang penting baginya sebagai seorang ibu, prioritasnya, adalah melindungi ketiga anaknya. Ia tidak ingin mereka pergi ke sekolah, bakal ditanyai lebih dari sebelumnya."

"Mereka sudah terdampak di sekolah, jadi ia selalu berencana menunggu sampai hari terakhir semester. Tentu saja mereka telah menanggung banyak sekali spekulasi di media sosial yang sangat sulit mereka tangani, namun prioritas baginya selalu adalah anak-anaknya," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.