Sukses

Sosok Kim Sae Ron, Mantan Aktris Drakor Papan Atas yang Kini Dianggap Pansos Usai Unggah Foto Kim Soo Hyun

Kim Sae Ron mencetak sejarah sebagai pemenang Aktris Terbaik termuda dalam Baeksang Arts Awards. Namanya jatuh usai tersandung kasus mengemudi sambil mabuk.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Kim Sae Ron kembali disorot setelah mengunggah potret kedekatannya dengan aktor Kim Soo Hyun. Potret tersebut sontak memuncurkan rumor bahwa keduanya menjalin hubungan asmara, meski dengan segera dihapus oleh Sae Ron dari media sosialnya.

Publik yang lama tak mendengar kabarnya, kembali menggunjingnya. Sejak reputasinya jatuh karena berbagai kasus yang dibuat oleh sendiri, Kim Sae Ron tidak pernah lagi terlihat membintangi proyek serial drama ataupun film. Padahal, ia dikenal sebagai aktris Korea berbakat.

Mengutip Kbizoom, Minggu (23/3/2024), Kim Sae Ron lahir pada 31 Juli 2000 di Seoul, Korea Selatan. Ia memulai karier aktingnya di usia 9 tahun lewat film A Brand New Life.

Setelah sukses membintangi film tersebut, namanya langsung dikenal publik. Kariernya pun melesat dan mendapat banyak proyek prestisius. Ia pernah membintangi The Man from Nowhere bersama Won Bin, aktor ternama Korea Selatan yang kini hiatus. Ia juga membintangi I am a dad, The Neighbours, dan lain-lain.

Selain filmnya yang sukses, Kim Sae Ron juga tampil di banyak serial televisi terkenal. Ia pernah tampil di drakor 'Love Playlist 4', 'Mirror of the Witch', 'Missing You', dan lain-lain. Selama lebih dari 13 tahun berkecimpung di industri hiburan Korea, ia menerima banyak penghargaan bergengsi sebagai pengakuan atas kiprahnya.

Ia meraih penghargaan Aktris Pendatang Baru Terbaik di Blue Dragon Awards 2014, Pemeran Utama Wanita Terbaik di Golden Rooster, dan Hundred Flowers Film Festival. Selain itu, Kim Sae Ron adalah aktris termuda dalam sejarah Korea yang dinominasikan untuk penghargaan Aktris Terbaik di Baeksang Arts Awards pada usia 14 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terjerat Kasus Mengemudi Sambil Mabuk

Selain karir aktingnya yang gemilang, Kim Sae Ron juga berhasil merebut hati para penggemarnya berkat kecantikannya yang cantik dan lembut. Berkat itu, ia diundang untuk berpartisipasi di banyak acara mode dan menjadi wajah periklanan di banyak merek besar. Bersama Kim So Hyun dan Kim Yoo Jung, ia digemari penonton sebagai aktor cilik papan atas di Korea.

Namun, reputasi sebagai aktris berpretasi jatuh setelah ia terlibat kasus kecelakaan lalu lintas. Kasus bermula pada Rabu, 18 Mei 2024, polisi menghentikan sebuah kendaraan setelah bertabrakan dengan kotak trafo listrik yang terletak di pinggir jalan dekat Cheongdam-dong, Gangnam, dilansir dari laman AllKpop.

Ketika polisi menghentikan kendaraan, mereka mengidentifikasi pengemudi, yang dicurigai mengemudi di bawah pengaruh alkohol, sebagai aktris Kim Sae Ron. Ketika polisi meminta Kim Sae Ron melakukan tes penghisap napas, ia menolak dan meminta untuk dibawa ke rumah sakit untuk tes darah.

3 dari 4 halaman

Didenda Tinggi Sampai Kehilangan Pekerjaan

Menurut laporan investigasi tambahan, mobil Kim Sae Ron bertabrakan dengan kotak trafo listrik pinggir jalan hingga penutup pelindung di sekitar kotak itu hancur, dan kotak itu tercabut dari posisinya di tanah. Beberapa saksi juga mengklaim bahwa mobil menabrak kotak beberapa kali, menyebabkan serangkaian suara keras, tetapi pengemudi tidak keluar untuk memeriksa kerusakan dan berusaha pergi.

Akibatnya, beberapa bangunan di kawasan itu mengalami pemadaman listrik, termasuk pemadaman lampu lalu lintas. Bisnis di sekitar area tersebut juga melaporkan pemadaman sistem pemrosesan pembayaran, memaksa beberapa untuk tutup pada pagi hari. Kecelakaan itu menyebabkan perbaikan signifikan yang berlangsung selama kurang lebih lima jam.

Belakangan, ia menjalani persidangan. Dalam sidang putusan yang digelar pada Rabu, 5 April 2023, di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Kim Sae Ron didenda 20 juta won sekitar Rp 234 juta.

Kasus itu memengaruhi kiprahnya di dunia hiburan. Ia sempat meminta maaf tetapi reputasinya sudah keburu rusak. Ia bahkan sempat mengaku mengalami kesulitan finansial, tetapi ternyata terciduk main poker.

4 dari 4 halaman

Jadi Guru Les Akting

Setelah skandal itu, Kim Sae-ron menganggur. Menurut laporan Newsen pada 2024, seorang pejabat biro iklan membantu Kim Sae-ron secara finansial karena dia kehilangan penghasilannya sejak awal tahun ini.

Dia mengajar empat hingga lima orang, termasuk aktor kecil dan calon aktor, dan membuat obrolan grup untuk menjadwalkan kelas sebagai pekerjaan paruh waktu. "Kim Sae-ron sedang mengajar akting kepada aktor baru dan calon aktor di dekat rumahnya di Seongdong-gu, Seoul," kata seorang direktur casting.

Pada 24 Maret 2024, Kim Sae Ron mengunggah fotonya bersama Kim Soo-hyun di Instagram story-nya. Dalam foto tersebut, aktris tersebut melakukan kontak dekat dengan sang aktor dengan pakaian yang nyaman. 

Agensi Kim Soo Hyun, GOLD MEDALIST, pada Minggu (24/3/2024) pagi menyatakan bahwa rumor kencan yang melibatkan artisnya dengan Kim Sae Ron adalah tidak benar. Mengenai foto yang diunggah Kim Sae Ron di Instagram Stories akun pribadinya, @ron_sae, lalu dihapus tiga menit kemudian, mereka mengatakan bahwa foto tersebut diambil ketika keduanya masih berada di agensi yang sama di masa lalu. Mereka juga tidak mengetahui motif Sae Ron mengunggah foto tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.