Sukses

3 Agensi Foto Nilai Potret Kate Middleton di Hari Ibu Hasil Manipulasi, Tangan Putri Charlotte Jadi Bukti

Bukan sekali foto keluarga Kate Middleton diduga hasil manipulasi. Tahun 2023 juga pernah dengan dugaan Pangeran Louis yang terkena editan.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga agensi foto mengeluarkan 'kill notice' pada potret terbaru Kate Middleton yang diluncurkan di Hari Ibu pada Minggu, 10 Maret 2024. Potret itu menjadi foto resmi pertama yang dirilis setelah Kate menjalani operasi perut.

Namun, Reuteurs, AP, dan AFP mengeluarkan peringatan 'mandatory kill', sebutan untuk membatalkan penempatan foto, setelah dinilai foto itu dimanipulasi. Penggemar kerajaan menemukan bahwa tangan Putri Charlotte tidak sejajar dengan lengan jumper merahnya di gambar.

Mengutip The Sun, Senin (11/3/2024), adalah praktik standar bagi agensi foto untuk menarik gambar yang telah disunting. Dalam 'kill notice', AP menyatakan, "Jika diamati lebih dekat, tampaknya sumber telah memanipulasi gambar tersebut."

Agensi tersebut menjelaskan bahwa foto yang dipublikasikan dirilis oleh Istana Kensington. AP kemudian mencabut gambar tersebut setelah didapati bahwa foto dimanipulasi dengan cara yang tidak memenuhi standar foto AP.

"Foto tersebut menunjukkan ketidakkonsistenan pada posisi tangan kiri Putri Charlotte," kata agensi foto tersebut.

Itu bukan foto Kerajaan Inggris pertama yang diduga telah dimanipulasi berlebihan. Mengutip Page Six, Rabu, 13 Desember 2023, foto keluarga Pangeran dan Putri Wales untuk Kartu Natal 2023 juga diduga dimanipulasi karena Pangeran Louis 'kehilangan jari tengahnya' yang bertumpu pada kursi Putri Charlotte. Hanya jari telunjuk, jari manis, dan kelingkingnya yang terlihat.

Namun, bisa saja pangeran berusia 5 tahun itu melipat jarinya. Para penggemar pun berspekulasi dan ramai berkomentar di jagat maya.

"Jari tengah Pangeran Louis hilang dan kakinya terlihat aneh," komentar seorang warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Pertama Kate Middleton Usai Dioperasi

Sementara itu, foto Kate Middleton bersama ketiga anaknya yang dirilis pada Hari Ibu disebutkan hasil jepretan Pangeran William. Kate pun meninggalkan pesan pribadi dalam unggahan foto yang diambil di Windsor, awal pekan ini.

"Terima kasih atas harapan baik Anda dan dukungan berkelanjutan selama dua bulan terakhir. Mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada semua orang. C," tulisnya.

Foto tersebut muncul setelah spekulasi liar tentang kesehatannya terus bermunculan. Puncaknya saat Pangeran William membatalkan kehadirannya di acara peringatan kematian ayah baptisnya di Istana Windsor dalam menit-menit terakhir. Saat itu, William hanya menyebutkan 'masalah pribadi' sebagai alasannya. 

Kate Middleton akhirnya terlihat di depan publik untuk kali pertama sejak Desemner 2023 dan menjalani operasi perut pada Januari lalu. Ia tertangkap kamera sedang naik mobil yang dikendarai oleh ibunya pada Senin, 4 Maret 2024.

Dilansir dari TMZ, Senin, 4 Maret 2024, Kate duduk di sebelah ibunya, Carole Middleton, yang mengendarai mobil di sekitar Istana Windsor dan tak terlihat ada orang lain di mobil tersebut. Tidak terlihat juga ada petugas keamanan yang mengawal mereka. Putri Wales memakai kacamata hitam dan sepertinya tidak memakai riasan dan rambut panjangnya dibiarkan tergerai bebas.

3 dari 4 halaman

Bantahan Istana Berulang Kali

Pihak Istana Kensington juga menyampaikan bantahan terkait rumor kesehatan Kate yang memburuk. Mereka kembali menegaskan bahwa kondisi Kate baik-baik saja dan mereka 'hanya akan melaporkan perkembangan yang signifikan'.

Namun, pihak kerajaan membuat blunder lewat pengumuman di laman Tentara Angkatan Darat soal kehadiran Kate Middleton di acara Trooping the Colour yang akan digelar pada Juni 2024. Acara tersebut untuk merayakan ulang tahun Raja Charles III.

Belakangan, Army menghapus informasi tersebut dalam penjelasan singkat di laman. Mengutip BBC, Rabu, 6 Maret 2024, klaim tersebut menyebabkan kebingungan karena Istana Kensington tidak pernah mengonfirmasi kehadiran ibu tiga anak tersebut. 

Terkait penarikan informasi kehadiran Kate di Trooping the Colour Juni nanti, BBC menyebutkan bahwa pihak Army tidak meminta persetujuan istana sebelum menerbitkan informasi tersebut. Kehadiran bangsawan senior di acara-acara umumnya dipastikan mendekati waktu acara.

BBC mendapat informasi bahwa Army menerbitkan rincian acara tersebut berdasarkan peran sang putri sebagai Kolonel Pengawal Irlandia - resimen yang bertugas pada tahun ini. Namun, pihak Istana Kensington lah yang mengonfirmasi rincian pertunangan sang putri, yang baru-baru ini ditangguhkan setelah dia menjalani operasi perut karena kondisi yang tidak ditentukan pada Januari 2024.

4 dari 4 halaman

Tidak Ingin Buru-Buru Bekerja

Di tengah situasi tersebut, Hello melaporkan, bahwa kondisi istri Pangeran William itu secara umum baik-baik saja. "Dari yang aku dengar, Kate sudah melakukan rutinitas lagi dan berfungsi dengan baik, namun dia tidak ingin terburu-buru. Saya telah berbicara dengan orang-orang yang dekat dengannya dan saya pikir dia pulih dengan baik tetapi belum mencapai seratus persen," kata penulis kerajaan Robert Jobson, dikutip beberapa waktu lalu

Robert yang buku biografinya berjudul Catherine, The Princess of Wales akan terbit musim panas ini juga menyinggung soal diagnosis kanker Raja Charles dan proses perawatannya. Ia menyebut, "Sang raja membuat keluarga kerajaan lebih fokus pada empat orang utama tetapi tidak melibatkan dua bintangnya membuat hal itu menjadi lebih sulit. Jadi, saya yakin dia akan disambut kembali dengan tangan terbuka ketika dia (Kate) sudah cukup sehat untuk kembali ke tugas kerajaan."

"Dia pasti menantikan hal itu, tapi dia juga merasa beruntung bisa memiliki waktu bersama anak-anaknya dan mengutamakan kesembuhannya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.