Sukses

Berawal dari Gabut, Dian Eva Turrizqi Sukses Rintis Usaha Camilan dari Rumah

Mengusung nama SnackQueen, perjalanan Dian merintis kuliner berawal di Pemalang.

Liputan6.com, Jakarta Familiar dengan istilah gabut? Awalnya merupakan singkatan dari “gaji buta”, kini kata tersebut sering disematkan pada kondisi seseorang yang bosan karena tidak punya kegiatan menarik. Namun, tak selamanya momen ini berujung mager alias malas gerak.

Salah satu cerita menarik datang dari Dian Eva Turrizqi. Di saat sang suami sibuk bekerja, perempuan yang akrab dipanggil Dian ini memilih mengisi waktu luangnya dengan merintis usaha kuliner. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berawal di Pemalang, Sukses di Pacitan

Mengusung nama SnackQueen, perjalanan Dian merintis kuliner berawal di Pemalang. Lika-liku kehidupan kemudian membawanya kembali ke kampung halamannya di Pacitan. Harus berpindah kota dan mengembangkan SnackQueen, diakui sang owner bukan hal yang mudah. “Awalnya, kita juga pas di Pacitan nyari pasar sama kaya di Pemalang dititip ke tukang sayur, mulut ke mulut, sampe akhirnya dipasarkan online lewat kakak sepupu,” ujar Dian. 

Awalnya hanya memasarkan ke masyarakat sekitar Pacitan, Dian mencoba mempromosikan produk Snack Queen di Instagram dan mendapat respons positif. “Kita coba post di IG ada yang pengen nyoba seperti siomay, eh kok lumayan. Kita pernah kirim paling jauh ke Riau, aman dan masih bagus,” kenangnya. Bermula dari frozen, SnackQueen terus berkreasi dengan menu lainnya seperti donat, sambal, kue, hingga makanan berat.

3 dari 4 halaman

Kreasi Menu Kekinian yang Digemari Pelanggan

Berawal dari siomay sebagai menu utama, Dian terus memperkenalkan menu-menu baru yang disesuaikan dengan tren dan kebutuhan pelanggan. Mie Rip Gacoan dan Richeese Chicken Wing menjadi favorit pelanggan, sedangkan untuk menu manis tersedia donat dan brownies.

"Berbeda dengan menu sejenis lainnya, Mie Rip Gacoan memiliki bumbu yang khas serta porsinya yang cukup besar. Sedangkan, Richeese Chicken Wing berbeda dari segi rasa, ukuran ayam, dan harga" tutur Dian. 

Saat ini, produk yang dapat dikirimkan ke luar kota masih sebatas frozen food. “Di Pulau Jawa pernah ke Banten, Surabaya, Probolinggo sama Banyuwangi. Sedangkan ke luar pulau itu lebih ke yang frozen food. Kalau yang kue masih tahap trial untuk luar kota, tapi di sekitar Pacitan, Surabaya, atau Malang,” jelas Dian.

4 dari 4 halaman

Fokus Mengenalkan Aneka Produk Snack Queen

Berawal dari iseng, Dian terus fokus mengembangkan usaha kulinernya. Bukan hanya mengenalkan produk SnackQueen di Pacitan, tapi juga ke masyarakat yang lebih luas lagi. “Hanya saja memang kami kekurangan di tim digitalisasi. Dari adanya kendala itu, kami lebih banyak berkomunikasi melalui WhatsApp, namun Instagram tetap menjadi salah satu media promosi utama untuk mempromosikan bisnis kami,” ucap Dian. 

Meskipun sempat terkendala cara mempromosikan produknya secara online, namun hal ini tidak menghentikan semangat SnackQueen untuk terus berkembang. “Butuh waktu 1 tahunan untuk benar-benar orang kenal produk kami, dan mempertahankan kualitas. Harapan dan impian kami mampu berkembang lebih jauh lagi dan mampu menjangkau ke seluruh pelosok negeri dengan hasil produk kami,” harap Dian.

Gurihnya Mie Rip Gacoan yang dipadukan dengan Richeese Chicken Wing kini juga bisa dipesan secara online. Bagi yang mau mencoba menu spesial ala SnackQueen, ada ManisdanSedap.com yang memudahkanmu untuk Pre Order makanan favoritmu.

Penulis: Rizky Maulana Syahputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini