Sukses

Jonas Brothers Gandeng Putri Ariani di Konser Perdana di Jakarta 24 Februari 2024, Berharap Datangkan Wisatawan dari Singapura dan Malaysia

Pihak promotor yang mendatangkan Jonas Brothers mengaku harus bersaing dengan Singapura untuk bisa mendatangkan sang artis ke Jakarta. Trio kakak beradik itu hanya konser di dua negara di Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2024 makin semarak dengan beragam konser musik yang menghadirkan artis internasional. Jelang kedatangan Ed Sheeran ke Jakarta di awal Maret 2024, Jonas Brothers akan lebih dulu menghibur penggemarnya di ICE BSD City, Tangerang, pada 24 Februari 2024.

Trio yang beranggotakan Nick, Kevin, dan Joe itu akan menggelar konser bertajuk 'Celebrating Five Albums Jonas Brothers'. Indonesia menjadi salah satu dari dua negara di Asia Tenggara yang disinggahi band pop rock asal Amerika Serikat itu. Negara lainnya adalah Filipina yang akan menggelar konser Jonas Brothers pada 22 Februari 2024.

"Mendatangkan Jonas Brothers itu susah-susah gampang karena perjuangan. Jonas Brothers cuma punya dua jadwal, dua titik istilahnya di Asia. Mereka sangat padat karena mereka artis Hollywood juga, banyak main film. Kita cukup berat karena tarik-tarikan (dengan Singapura)," kata David Ananda, Managing Director Color Asia Live, dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (20/2/2024).

Pihaknya berusaha meyakinkan bahwa Indonesia sudah maju dalam hal konser. Pihaknya bersama Prestige Promotions meminta agar Jonas Brothers untuk mencoba datang ke Indonesia dengan mengiming-imingi suasana yang berbeda.

"Aku sebagai promotor lokal, bilang ke Jonas Brothers gitu bahwa kalian datang ke Indonesia, betapa majunya Indonesia. Bahkan kalau kalian suka, tahun depan kita bawa bukan ke Jakarta saja, tetapi ke kota lain, ke Jogjakarta mungkin bisa konser di Prambanan atau Borobudur ya, atau di Danau Toba," imbuhnya.

Dalam konser tersebut, pihaknya akan menghadirkan Putri Ariani sebagai penampil pembuka (opening act). Finalis America's Got Talent itu bakal memainkan piano solo sebelum Jonas Brothers tampil. "Biar Jonas Brothers merinding," ucap David.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibagi Tiga Tim

David menjelaskan rombongan Jonas Brothers datang dalam tiga gelombang, yakni kelompok 1, 2, dan 3. Kelompok 1 adalah Jonas Brothers, dijadwalkan tiba di Jakarta pada Jumat malam, 23 Februari 2024. Sementara, kelompok pertama yang merupakan tim produksi dijadwalkan tiba sejak Senin malam, 19 Februari 2024.

"Mereka pengen membawa standar show di Amerika ke Indonesia. Mulai hari ini udah datang, mau lihat-lihat dulu," ujar David.

Total ada 48 orang yang tergabung dalam rombongan tersebut. Karena itu, pihaknya juga menyiapkan 48 visa kerja untuk seluruhnya.

Kedua promotor menargetkan konser itu ditonton 10ribu orang. David menyebut itu masih di bawah kapasitas maksimal ICE BSD. Sejauh ini, 5.000 tiket diklaim terjual. Beberapa penonton disebutnya datang tak hanya dari Jakarta dan sekitarnya, tetapi juga dari Singapura dan Malaysia.

"Targetnya (penonton asing) sekitar 10 persen dari total penonton," ucap Untung Pranoto, CEO Prestige Promotions. David juga menyebut hotel-hotel di sekitar ICE BSD sudah penuh karena konser tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Bakal Perkenalkan Batik

David mengaku juga sedang bernegosiasi agar Jonas Brothers berkenan memakai batik, terutama di tiga lagu terakhir. Pihaknya menggandeng salah satu brand batik untuk mensponsori busana mereka.

"Kalau merasa tidak nyaman, bisa diusulkan menggunakan udeng atau aksesori kepala apa begitu, biar ada ciri khasnya kalau konser di Indonesia," usul Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya.

Di sisi lain, ia mengingatkan agar penonton bisa tertib dalam mengikuti konser tersebut karena itu merupakan upaya untuk menjaga kepercayaan dari artis internasional ke Indonesia. "Itu kepercayaan yang harus kita jaga. Ketika bisa membangun kepercayaan itu, ke depan akan lebih mudah," kata Nia lagi.

Hal itu juga diamini oleh Untung. Ia menyatakan sebagai promotor, pihaknya akan berusaha menjaga konser berlangsung dengan lancar. Namun, ia meminta para penonton menjaga sikap dan ketertiban agar impresi Jonas Brothers bisa baik mengenai Indonesia.

"Yang utama mereka lihat antusiasme penonton dan ketertiban mereka melihat artis asing. Itu menjadi satu guidance mereka ketika mereferensikan artis lain yang besar untuk datang ke Indonesia lagi," ujar pria yang akrab disapa Upe itu.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Kunjungan Wisata

Kemenparekraf menyambut baik konser tersebut karena dinilai akan menambah peluang penciptaan lapangan pekerjaan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. "Dan juga mempromosikan Indonesia sebagai destinasi MICE (meeting, incentive, conference, exhibition)," kata Nia.

Penampilan perdana Jonas Brothers di Indonesia ini disebut bisa memberikan kabar gembira bagi para fans di Indonesia. Sejak dibentuk, Jonas Brothers aktif mewarnai acara televisi berjaringan global yakni Disney Channel. Nia pun berharap konser Celebrating Five Albums Jonas Brothers dapat mengamplifikasi jumlah pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Indonesia sudah dipercaya menjadi tuan rumah event international, untuk itu mari kita dukung dengan menjadi penonton yang baik dan tidak lupa menjaga ketertiban," kata Nia.

Hal senada juga disampaikan Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Frans Handoko, yang menekankan pentingnya sistem keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pada saat berlangsungnya konser. "Yang tidak kalah penting adalah perlu menerapkan mitigasi krisis penyelenggaraan event konser," kata Frans.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.