Sukses

Permintaan Makanan Vegan Meningkat 40 Persen di 2023, Emirates Tambah Resep Makanan Berbasis Nabati untuk 2024

Emirates menyebut peningkatan tertinggi permintaan makanan vegan berasal dari kelas Ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Emirates mencatat lonjakan permintaan makanan nabati dari penumpang mereka hingga 40 persen, Untuk itu, Emirates akan memperkenalkan serangkaian hidangan vegan baru di pesawat dan di ruang tunggu pada akhir tahun ini, menambah daftar resep yang tercatat, yakni lebih dari 300 resep makanan nabati yang dikurasi.

Mengutip rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, beberapa waktu lalu, Emirates menyajikan lebih dari 450 ribu porsi makanan nabati di pesawat, meningkat dari 280 ribu makanan nabati yang disajikan pada 2022. Jumlah resep yang tersedia juga mencapai lebih dari 300 ribu pada 2023, naik dari 180 resep pada 2022.

Resep-resep itu dibuat secara bergiliran untuk 140 destinasi. Penyediaannya untuk merespons peningkatan konsumsi makanan vegan yang signifikan sejalan dengan lonjakan volume penumpang. Di beberapa wilayah, konsumsinya bahkan melampaui pertumbuhan volume penumpang, seperti Afrika dengan tambahan peningkatan sebesar 4 persen, Asia Tenggara dengan tambahan peningkatan sebesar 5 persen, dan negara-negara Tengah Timur menunjukkan peningkatan tambahan yang signifikan sebesar 34 persen.

Peningkatan konsumsi makanan vegan terbesar terjadi di kelas ekonomi. Para penumpang ditawari beragam pilihan menu vegan seperti crepe buncis berisi wortel, parika, jamur, dan tomat; frittata labu bertekstur, tikka masala tahu, atau sup kangkung buncis dengan nasi pilaf peterseli dan bayam muda. Makanan penutup vegan yang nikmat di kelas ekonomi mencakup mousse kelapa dengan kolak mangga, kue pisang basah dengan remahan coklat, atau puding cokelat lezat dengan remahan cokelat.

Peningkatan signifikan terjadi khususnya pada rute Emirates ke China, Jepang, dan Filipina. Di sisi lain, banyak awak kabin Emirates juga menerapkan pola makan nabati sejak maskapai tersebut Emirates memperkenalkan makanan vegan untuk awak kabin pada 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Makanan Vegan untuk Kelas Bisnis dan Kelas Satu

Sementara, penumpang kelas bisnis disuguhkan opsi makanan vegan meliputi kembang kol panggang dengan biji-bijian kuno, pir karamel dan pesto lovage, atau hidangan hangat berupa tahu Asia dan jamur shitake dengan bihun. Penumpang juga bisa menikmati kue nanas kelapa tropis atau menikmati kue keju coklat dengan aksen cerutu coklat hitam dan kolak stroberi sebagai hidangan pencuci mulut.

Di Kelas Satu, pelanggan akan disuguhi masakan vegan berbeda, seperti kue polenta krim dengan rebusan jamur thyme, tumis bayam yang ditaburi jus sayuran akar yang kaya. Ada pula kari terong dengan nasi gosong dan kentang kunyit, dengan sedikit kelapa dan saus mint. Makanan penutup menampilkan menu hasil kurasi, di antaranya rhubarb yang dipadukan dengan strawberry charlotte, krim Chantilly, dan raspberry tuille, atau fondant cokelat hangat yang menggoda, dibumbui dengan saus karamel asin dan krim mete kocok.

Pada akhir tahun ini, Emirates akan meluncurkan pilihan hidangan utama vegan baru, camilan vegan baru seperti muffin buah dan pizza vegan, serta serangkaian makanan penutup lezat termasuk kue pecan cokelat, pistachio raspberry, dan kue raspberry tonka. Opsi vegan tersedia untuk dipesan di muka di pesawat dan dipesan langsung di Kelas Satu, serta di Ruang Tunggu Emirates. Pelanggan dapat meminta makanan vegan di semua penerbangan Emirates dan di semua kelas perjalanan hingga 24 jam sebelum keberangkatan.

 

3 dari 4 halaman

Sumber Bahan-Bahan Makanan

Untuk memenuhi kebutuhan makanan berbasis nabati, Emirates mendapatkan suplai dari berbagai produsen. Beberapa produk yang digunakan di antaranya protein nabati dari Beyond Meat California, protein kedelai dari Singapura dan Arlene dari UEA, tahu pres Qian Ye dari Jepang, cokelat hitam vegan organik dari Linnolat di Perancis, margarin vegan dari MeisterMarken di Jerman, kari vegan pasta dari Pantai di Thailand, dan susu almond Koita dari Italia.

Emirates juga menggunakan kangkung dan selada segar yang ditanam secara lokal dari Bustanica, yakni pertanian vertikal hidroponik terbesar di dunia, yang merupakan investasi usaha patungan melalui Emirates Flight Catering. Produk Bustanica ditanam tanpa pestisida, herbisida, atau bahan kimia dan penumpang Kelas Satu dan Bisnis dapat menikmati sayuran hijau segar dari pertanian di beberapa hidangan, termasuk selada, arugula, campuran salad sayuran, dan bayam.

Emirates telah menyajikan makanan vegan sejak 1990-an. Awalnya, persyaratan vegan difokuskan pada rute tertentu, seperti Addis Ababa yang mewajibkan penyediaan makanan vegan pada waktu-waktu tertentu dalam setahun oleh mereka yang menganut kepercayaan Ortodoks Ethiopia, atau di seluruh wilayah di mana berbagai agama mendorong pola makan nabati.

 

4 dari 4 halaman

Minat pada Makanan Vegan Menyebar

Dalam beberapa tahun terakhir, hidangan vegan dengan cepat mendapatkan popularitas di AS, Australia, beberapa rute Eropa, dan Asia, dengan Emirates mencatat adanya peningkatan yang cukup besar dalam minat terhadap hidangan vegan selama dekade terakhir. Menu gourmet vegan baru diperkenalkan pada 2022 di Kelas Utama dan Bisnis untuk menawarkan lebih banyak pilihan kepada pelanggan Emirates yang mengikuti gaya hidup vegan, atau sekadar mencari pilihan makanan sehat dan ringan saat bepergian.

Seiring dengan peningkatan minat, muncul pula Veganuary. Dilansir dari InStyle, Jumat, 14 Januari 2022, Veganuary didefinisikan sebagai pola makan yang lebih banyak mengonsumsi bahan nabati dan tidak menyantap produk hewani. Gerakan ini dimulai di Inggris pada 2014.

Sebuah organisasi nirlaba dengan nama yang sama mendorong orang untuk mencoba menjadi vegan selama bulan Januari. Situs gerakan ini melaporkan lebih dari 500 ribu orang mendaftar untuk mewujudkan komitmen tersebut.

Menerapkan pola makan tanpa konsumsi produk hewani bukan hal yang baru. Hari Vegan Sedunia didirikan pada 1994 dan terus mengalami pertumbuhan pengikut sejak itu. Pada 2014, hanya satu persen konsumen Amerika Serikat yang menyebut mereka vegan. Tetapi pada 2017, jumlah itu melonjak menjadi enam persen, menurut laporan pada 2017 oleh GlobalData.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.