Sukses

Rombongan Tamu Pernikahan Kasih Kado Berupa Uang Receh, Pengantin Dapat Seember Koin

Dalam video terlihat beberapa orang mengantre dengan masing-masing memegang kantong kresek berisi uang receh. Rombongan tamu diyakini adalah teman-teman pasangan pengantin.

Liputan6.com, Jakarta - Memberikan amplop kepada pengantin di acara atau resepsi pernikahan adalah budaya yang umum di Indonesia. Dengan memberikan amplop atau kado, tamu menunjukkan bahwa mereka turut berbahagia atas pernikahan pengantin dan mendoakan agar pengantin bahagia dan langgeng.

Biasanya amplop itu berisi uang kertas yang dimasukkan ke sebuah kotak yang disediakan. Namun dalam sebuah pernikahan, pemberi kado justru memberikan uang receh atau uang koin. Amplop tersebut pun diganti dengan kantong kresek.

Video momen unik itu dibagikan oleh akun TikTok @s_sugito911. Dalam video terlihat beberapa orang mengantre dengan masing-masing memegang kantong kresek. Rombongan tamu diyakini adalah teman-teman pasangan pengantin.

Mereka memberikan uang receh itu di pelaminan bukan di meja tamu. Usai menyalami pasangan pengantin, mereka menuangkan kantong kreseknya ke sebuah ember. Ember itu terlihat hampir penuh karena banyaknya uang receh yang diberikan tamu pernikahan.

Kedua mempelai yang melihat adegan tersebut pun hanya merespons dengan tertawa. "Saat hajatan teman amplop pake uang receh," tulis pembuat video dalam keterangan unggahannya pada 7 Januari 2024.

Ada juga yang membuat kalung dari rangkaian uang kertas yang kemudian dikalungkan kepada kedua pengantin. Video ini pun viral dan mengundang perhatian warganet.

Sampai berita ini ditulis, unggahan acara pernikahan itu sudah dilihat lebih dari 563 ribu kali dan disukai lebih dari 4.972 kali. Namun, belum diketahui daerah atau lokasi resepsi pernikahan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kado Pernikahan Kreatif

Beberapa warganet juga menceritakan momen lucu yang terjadi di pernikahan mereka. "Aku dulu nikah nggak ngundang-ngundang karena resepsi di rumah suami. Tiba-tiba temanku pada nongol bawa peralatan kek alat pel satu lidi sekrok tempat sampah," tulis seorang warganet.

"Jadi inget aku dulu nikah di kado sendal jepit kanan ma kiri beda," komentar seorang warganet.

"Pernah di kado sama mba sendiri, kadonya gede banget ternyata isinya pop mi hasil dari tempat kerja shift malam," ujar warganet lainnya.

"Orang2 pada kreatif amat ya ada aja ide kondangannya😁😁,” timpal warganet lainnya.

Saat pernikahan terutama sewaktu acara resepsi, pengantin biasanya harus duduk dan tenang di atas pelaminan. Namun, pengantin satu ini justru melakukan hal lain. Perilakunya itu membuat tamu undangan keheranan.

Hal tersebut bisa dilihat pada video TikTok yang diunggah oleh akun @arsylazea. Dalam video itu terlihat seorang wanita keluar dari tenda acara pernikahan. Ia ternyata pengantin wanita dan menghampiri seorang pedagang cilok yang nongkrong tak jauh dari tenda. Pengantin wanita itu memegang lembaran uang Rp10 ribu untuk jajan cilok.

"Mbak tolong mbak, Anda masih nikah mbak," ujar pembuat video kepada pengantin. Pengantin tersebut hanya membalas dengan senyuman. Ia juga menutup mulutnya dengan uang 10 ribu yang ia pegang.

3 dari 4 halaman

Pengantin Wanita Jajan Cilok

Mempelai wanita tersebut memakai kebaya putih dan segala aksesorinya. Hal tersebut menandakan bahwa acara masih berjalan. Cuaca terik yang ada di video juga menandakan bahwa hari masih siang dan biasanya itu saat ramai-ramainya tamu undangan datang.

Pembuat video itu mengatakan sang pengantin akan viral oleh videonya itu. "Anda akan viral hari ini pokoknya," kata pembuat video. Pedagang cilok pun hanya bisa melayani dengan senyum menghadapi momen yang unik dan jarang terjadi itu.

Sang pembuat video pun melarang pedagang cilok untuk memberi sambal di ciloknya. Mereka takut pengantin ingin buat hajat di tengah acara pernikahan.

"Emang boleh mbak manten seemboh ini. Jajan cilik dulu sebelum jadi istri orang," tulisnya dalam keterangan unggahan pada 25 Desember 2023. Video ini pun viral dan mengundang banyak komentar warganet.

Tidak sedikit yang bercerita pernah melakukan hal serupa ketika mereka menikah. Mereka juga mengaku pernah membeli jajanan saat resepsi pernikahan.

"Aku di tengah resepsi sambil minum es teajus tamu yang liat cuma pada keheranan," komentar seorang warganet. "Resepsi nanti dulu, jajan nomor 1," komentar warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Jajanan Anak SD di Pernikahan

Masih tentang pernikahan dan jajanan, beberapa bulan lalu sepasang pengantin viral karena menjamu tamu undangan dengan jajanan ala anak SD. Mengutip kanal Hot Liputan6.com, 2 November 2023, lewat akun Tiktok @ellaaufarr, baru-baru ini sebuah acara resepsi pernikahan menjadi viral karena mengundang pedagang kaki lima yang biasa menjajakan menu makanan anak SD.

Dalam video tersebut, terlihat para pedagang jajanan SD sengaja berpakaian batik dengan gerobak pikulan yang biasa digunakan saat berdagang harian. Mereka berada di acara pernikahan, dan para undangan memesan jajanan.

"Punya manten anak jajan, nikahannya rame full jajanan SD," tulis pengunggah video tersebut. Berdasarkan pantauan Liputan6.com Kamis, 2 November 2023, acara nikah yang menyajikan menu jajanan SD itu digelar di Kudus, Jawa Tengah. Menariknya, tamu undangan ikut girang dengan suasana nikah unik sambil menyantap jajanan SD.

Video berdurasi 32 detik itu memperlihatkan penjual batagor, telur gulung hingga bakso goreng, jajanan yang biasanya kita temui di depan SD. Meskipun berada dalam suasana pernikahan, mereka tetap mengenakan pikulan seperti saat berdagang sehari-hari. Semua jajanan tersebut disediakan secara gratis bagi para tamu pernikahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.