Sukses

Tahun Baru dengan Penampilan Baru, Gaya Kontemporer Diprediksi Kian Digemari

Pergantian tahun tak sekadar menyambut masa yang baru, tetapi juga berjalan beriringan dengan nuansa berbeda di dalamnya. Salah satu yang begitu melekat di Tahun Baru adalah tren fashion yang diprediksi bakal banyak diminati masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pergantian tahun tak sekadar menyambut masa yang baru, tetapi juga berjalan beriringan dengan nuansa berbeda di dalamnya. Salah satu yang begitu melekat di Tahun Baru adalah tren fashion yang diprediksi bakal banyak diminati masyarakat.

Lantas, bagaimana dengan tren tampilan ke depan di Indonesia? Penata busana sekaligus perancang kostum Hagai Pakan mengatakan bahwa tren fashion di 2024 akan beragam.

"Gaya kontemporer masih terus digemari dengan padu padan yang makin ekstrem antara yang tradisional atau etnik dan yang sangat modern," kata Hagai kepada Tim Lifestyle Liputan6.com, Jumat, 5 Januari 2024.

Hagai yang juga terlibat menata busana untuk serial "Gadis Kretek" mengatakan bahwa gaya kontemporer ini juga termasuk demam kebaya janggan efek dari serial yang dibintangi Dian Sastrowardoyo tersebut. Tampilan dengan kebaya janggan, dikatakannya akan merambah ke gaya sehari-hari.

"Karena sebelumnya sudah sangat ramai dipakai di acara-acara formal. Selain itu, aku merasa orang-orang lebih berani dengan permainan aksesori," tambah pemilik nama lengkap Hagai Palolo Pakan ini.

Ia juga melihat genderless fashion juga akan tetap jadi sorotan. "Blazer, terutama yang oversized, akan jadi salah satu fashion item of the year dan pemakaiannya bahkan untuk sehari-hari yang kasual, bukan untuk kebutuhan formal atau bisnis," tambahnya.

Hagai Pakan mengungkapkan bahwa, "Mens wearing skirt juga bisa jadi hits untuk beberapa orang dan sepertinya gaya oversized akan mulai hilang karena orang mulai kembali ke baju, terutama kaus, yang super ketat lagi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembali ke Basic hingga Preppy Style

Secara umum diungkapkan Hagai, orang-orang dalam tampilannya bakal mengusung konsep quite luxury dan baju sehari-hari akan kembali ke basic. "Seperti kaus dan kemeja basic, aku merasa orang mau lebih practical dan simple, apalagi di Jakarta yang panas dan crowded," terang pemenang Penata Busana Terbaik Festival Film Indonesia 2020 untuk film "Abracadabra" ini

Sementara untuk kalangan generasi Z atau Gen Z, Hagai memprediksi gaya preppy dan grandpa style akan menjadi tren. Terlebih, culture thrifting sangat dekat dengan generasi ini.

"Mix match-nya akan banyak menggunakan vintage atau retro style fashion item. Salah satu items yang makin hits adalah knitwear, terutama kardigan," ungkap fashion stylist yang pernah menata gaya deretan artis mulai dari Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, hingga Happy Salma ini.

Sementara terkait padu padan tampilan, Hagai mengatakan, "Untuk tips mix match aku selalu bilang ke siapapun, know your body and know your style, jadi mix match tuh custom banget ke masing-orang orang sebenarnya."

3 dari 4 halaman

Riasan

Selain busana, riasan juga menjadi salah satu poin yang sangat erat kaitannya dengan penampilan. Makeup artist (MUA) Bennu Sorumba melihat riasan sehari-hari akan tetap mengusung sentuhan yang simpel.

"Kalau hari-hari sebenarnya enggak terlalu jauh-jauh dengan cushion, maskara, blush cream, dan lipgloss itu sudah yang paling aman untuk hari-hari bisa dibawa ke mana-mana," kata Bennu kepada Tim Lifestyle Liputan6.com, Kamis, 4 Januari 2024.

MUA langganan keluarga Ibu Negara Iriana Jokowi ini menerangkan bahwa satu produk rias dapat digunakan lebih dari satu aplikasi di wajah. "Misalnya punya lipgloss bisa dipakai untuk blush cream sama eyeshadow sekalian buat bibir juga sudah all in," kata Bennu.

Pemilik nama lengkap Juanda Hasid Sorumba ini menambahkan, "Maskara selain untuk bulu mata, sisa maskara yang sudah di apply di bulu mata bisa disisir ke alis, jadi bisa mempertegas alis, aku rasa itu lebih simpel. Apalagi yang jarang dandan tapi harus makeup untuk ke kantor."

4 dari 4 halaman

Hollywood Glam ala Bennu Sorumba

MUA kelahiran Benua, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara ini juga bicara soal tren makeup yang ia usung di 2024, yakni Hollywood Glam. Tren ini sendiri telah ia terapkan beberapa tahun lalu dan diaplikasikan untuk pernikahan Aurel Hermansyah hingga Lesti Kejora.

"Aku tetap mengusung tren makeup aku di 2024 itu Hollywood Glam tapi dengan konsep yang sedikit explore di bagian eyeliner dan bulu mata, tapi complexion tetap sama," kata Bennu.

Ia menerangkan bahwa Hollywood Glam terinspirasi dari gaya riasan yang bermain perpaduan beberapa sentuhan, mulai dari contouring, bulu mata, wing eyeliner, hingga eyeshadow dua warna. "Hollywood Glam dominan over lips, contouring, sama eyeliner jadi itu yang mempertegas look-nya," terang Bennu.

"Bibirnya over lips karena Hollywood Glam itu biasanya digunakan di red carpet, acara kebesaran di Amerika, ini aku coba aplikasikan di wedding. Alhamdulillah justru pasar untuk Hollywood Glam malah makin banyak peminatnya," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.