Sukses

Serba-serbi Tahun Naga Kayu pada 2024, Dipercaya Sebagai Simbol Keberuntungan dan Kesuksesan

Merujuk kalender China, 2024 dikenal sebagai Tahun Naga Kayu. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki Tahun Baru 2024, kita berarti akan beralih ke shio baru dalam kalender China. Pergantiannya akan terjadi tepat pada perayaan Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024. Penendaan itu membuat 2024 kemudian juga dikenal sebagai tahun naga kayu.

Mengutip Korean Times, Senin (1/1/2023), naga dalam tanda zodiak China memiliki kepala unta, tanduk rusa, mata kelinci, telinga sapi, leher ular, perut kerang, timbangan karet, cakar elang, dan cakar harimau. Naga adalah binatang imajiner yang digambarkan dalam budaya Asia Timur.

Tahun 2024 dibedakan karena hubungannya dengan satu-satunya entitas mitos dari semua 12 tanda zodiak China. Tahun ini, diwakili naga yang tangguh, diantisipasi sebagai waktu luar biasa dan pemenuhan aspirasi yang telah lama ditunggu-tunggu.

Naga, yang juga jadi simbol kekuatan, otoritas dan kesuksesan, memegang tempat khusus dalam budaya Asia Timur. Sementara naga di dunia Barat sering dianggap sebagai makhluk yang mengancam dan tinggal di gua-gua, naga Asia memegang status sakral, diyakini memegang kendali atas cuaca.

Secara historis, naga adalah pusat budaya Asia Timur, di mana naga muncul sebagai simbol royalti. Kaisar sering menghiasi pakaian mereka dengan motif naga yang rumit, bukan hanya sebagai simbol keregangan, tapi juga mengasosiasikannya dengan kemakmuran dan kekuasaan. 

Direktur Museum Gahoe Yoon Yeol Su menekankan sifat naga yang agung. "Mengingat karakteristiknya sebagai hewan imajiner, kemegahan penampilannya dan kemampuannya untuk mengendalikan air, naga sering disamakan dengan makhluk yang hebat, namun misterius, seperti pahlawan atau raja," kata Yoon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karakteristik Naga

Di Korea, naga, yang dikenal sebagai "Yong," telah lama dihargai melalui tradisi unik sejak zaman kuno. Salah satunya tercermin dalam ucapan-ucapan, seperti "Cloud mengikuti Storm dan Dragon mengikuti Cloud."

Nenek moyang Korea sering memohon pada naga saat berdoa untuk turun hujan, memancing, dan perjalanan yang aman di laut. Rasa hormat terhadap naga ini meluas ke kehidupan sehari-hari untuk menjaga kekuatan spiritualnya tetap dekat.

Motif naga dimasukkan ke dalam pakaian, arsitektur, dan keramik, melambangkan keinginan untuk sukses dan meminta perlindungan. Demi menangkal ancaman kebakaran, mereka mengintegrasikan elemen berbentuk naga ke langit-langit dan atap sebagai fitur dekoratif.

Lukisan-lukisan naga juga diletakkan di gerbang untuk menangkal nasib buruk. Bahkan, "alat untuk sukses," seperti sikat dan batu tinta, dihiasi pola naga, mencerminkan keinginan untuk pencapaian.

Dalam siklus sexagenary, sebuah sistem yang menggabungkan 10 batang selestial dan 12 cabang duniawi, 2024 merupakan Tahun Naga Kayu. Batang kayu dalam siklus ini dikaitkan dengan warna biru, membuat 2024 juga dicatat sebagai Tahun Naga Biru.

3 dari 4 halaman

Keterkaitan Simbol Naga di Berbagai Tempat

Koneksi tersebut merupakan inspirasi di balik lonjakan produk bertema Blue Dragon untuk perayaan Tahun Baru. Dalam budaya Korea, Blue Dragon memegang tempat khusus, terbukti dalam hubungannya dengan roller coaster pertama di negara itu.

Dikenal sebagai Blue Dragon Train, roller coaster ini mulai menggetarkan pengunjung di Seoul Children's Grand Park pada 5 Mei 1973, dan pensiun pada 2012. "Cheongnyong," istilah Korea untuk Blue Dragon, juga digunakan sebagai nama untuk klub baseball MBC Blue Dragons yang sekarang sudah tidak ada.

Kasih sayang yang mengakar di Korea untuk naga meluas ke berbagai lokasi di seluruh negeri. Menurut statistik dari National Geographic Information Institute tahun 2021, 4.109 lokasi terkenal memiliki nama  terkait hewan dari 12 tanda zodiak, dengan 1.261 secara khusus terkait dengan naga.

Hal ini menjadikannya tanda zodiak paling populer untuk nama lokasi di negara tersebut. Anda dapat menemukannya antara lain di distrik Yongsan Seoul, Gunung Yongdu Busan, dan Yongdu Rock di Pulau Jeju.

4 dari 4 halaman

Prediksi Shio Naga di Tahun Naga

Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, setiap tahun memiliki shio berbeda, sebagaimana telah disinggung. Melansir China Highlights, Senin (1/1/2024), jika Anda lahir pada tahun 2024, 2012, 2000, 1998, 1976, 1964 dan 1952, Anda bershio Naga. 

Zodiak naga jadi tanda keberuntungan. Dalam mitologi China, naga memiliki kekuatan besar untuk mengendalikan angin dan hujan, terbang melintasi langit, membalikkan sungai dan lautan, serta membawa kemakmuran bagi dunia. 

Bagi Anda yang bershio naga, Anda akan mengalami beberapa tantangan terkait nasib buruk secara keseluruhan pada tahun ini. Anda mungkin menghadapi batasan dan kesulitan tertentu karena benturan dengan energi Tai Sui (Dewa Zaman) dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa.

Namun, ada juga bintang keberuntungan yang bisa memberi perlindungan dan dukungan bagi shio naga. Anda dapat tetap optimis dengan prospek karier. Meski kurang beruntung, tetap akan ada peluang untuk berkembang dan sukses dalam kehidupan profesional. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.