Sukses

Raffi Ahmad Bakal Buka Beach Club di Jogja, Warganet Khawatir Warga Tak Kebagian Air Bersih

Rencana Raffi Ahmad membuat beach club di Jogja itu sepertinya tidak disambut positif oleh sejumlah kalangan. Mereka menilai pembangunannya akan berdampak negatif terhadap warga sekitar.

Liputan6.com, Jakarta - Artis sekaligus pebisnis Raffi Ahmad kembali melebarkan usahanya. Presenter sekaligus bos RANS Entertainment tersebut berencana membangun beach club, resor, dan vila di Gunungkidul, Yogyakarta. Dikutip dari akun Instagram @raffinagita1717, beach club itu diklaim akan menjadi yang terbesar di Indonesia. Lokasinya tepatnya di tebing Pantai Krakal.

Namun, rencana Raffi Ahmad itu sepertinya tidak disambut positif oleh sejumlah kalangan. Mereka menilai pembangunan beach club milik Raffi Ahmad akan berdampak negatif terhadap warga sekitar.

Hal tersebut diutarakan beberapa warganet dalam beberapa unggahan video di akun TikTok @dolanjogja.trip, Selasa, 26 Desember 2023. Sejumlah warganet khawatir warga setempat tidak kebagian air tanah. Lainnya menyinggung biaya makanan di beach club Raffi Ahmad.

"Ini yang jadi catatan, kasihan warga sekitar nantinya kalau air yang di bawah tanah disedot cuma untuk wisatawan," tulis seorang warganet. "Selain makanan harus enak, juga harus murah dong. Apalagi buat warga lokal," komentar warganet yang lain.

Sebelumnya, harga makanan di beach club Raffi di Padang, Sumatera Barat, ramai dibicarakan setelah seorang warganet bernama Fatih Frederik memprotes biaya yang dikeluarkannya untuk makanan dan minuman yang dibelinya. Ia ditagih Rp1,2 juta saat makan di Marawa Beach Club. Saat itu, Fatih membeli air mineral seharga Rp 25 ribu, Rose of My Eyes Rp48 ribu, Strawberry Crush Rp48 ribu, Regular Iced Tea Rp30 ribu, Nasi Goreng Marawa Rp105 ribu, Beef Kwetiau Rp115 ribu, dan burger Rp55 ribu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Beda Pendapat Soal Beach Club Raffi Ahmad

Selain membayar sejumlah makanan dan minuman, konsumen juga harus membayar pajak dan layanan sebesar 18 persen. Banyak warganet yang menilai harga makanan dan minuman di beach club itu terlalu mahal, tapi ada juga yang menganggap hal itu wajar karena menyasar kalangan menengah ke atas.

Melansir dari akun Instagram @marawabeachclub pada Selasa, 26 Desember 2023, minimum pembelian untuk pengunjung dewasa adalah sebesar Rp100 ribu dan Rp50 ribu untuk pengunjung anak-anak. Pembukaan Marawa Beach Club itu sempat diramaikan oleh acara grand opening yang turut dihadiri oleh Raffi, Nagita dan kedua anak mereka, Rafathar dan Rayyanza.

Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 10 Mei 2022, pada hari pembukaan beach club Raffi Ahmad, acara berlangsung meriah dengan penampilan dari salah seorang diva Indonesia, Reza Artamevia. Meskipun berlokasi jauh dari pusat kota, mereka yang datang tampak antusias. Bahkan, terdapat juga penampilan Once Mekel dan Maliq and D'Essentials.

Bertempat di Padang dengan suasana ala Bali, tentu banyak yang penasaran seperti apa suasana beach club baru milik Raffi Ahmad ini. Melansir dari media sosial milik Marawa Beach Club, terlihat bahwa konsep beach club ini tetap menjaga ciri khas kultur lokal.

3 dari 4 halaman

Beach Club Nuansa Minang

"A work in progress - an architecture that upholds local cultural values with a modern touch. Marawa Beach Club segera hadir di Pesisir Pantai Air Manis Padang," begitu keterangan yang disampaikan.

Selain menjaga kultur lokal di sekitar lokasi beach club, Raffi Ahmad juga memilih arsitektur yang sangat khas dengan nuansa Minang. Pemilihan desain bangunan beach club ini juga dibuat dengan sangat artistik dan memiliki sedikit sentuhan bergaya modern.

Bila dicermati, bentuk bangunan beach club itu mirip dengan rumah gadang yang merupakan rumah adat di Sumatra Barat. Ukurannya yang besar membuatnya semakin megah.

Memiliki konsep beach club, tentu saja lokasi area ini bertempat di tepi pantai. Dilihat dari atas, areanya terkesan luas. Melihat lebih dekat lagi, terdapat banyak fasilitas yang tersedia di beach club ini. Salah satunya adalah kolam renang yang saat itu sudah selesai dibuat.

4 dari 4 halaman

Pantai Krakal Jogja

Sementara beach club milik Raffi Ahmad di Jogja akan berlokasi di Pantai Krakal yang menawarkan keindahan alam yang memesona. Pantai ini berlokasi di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Mengutip dari wisata.gunungkidulkab.go.id, nama krakal diambil dari kata kerakal. Dalam bahasa Jawa, kerakal berarti batu-batuan kecil yang tersebar. Nama itu sesuai dengan pesona Pantai Krakal yang tak hanya menawarkan keindahan pasir putih, tetapi juga batuan kecil dengan permukaan halus dan berwarna putih.

Saat berada di Pantai Krakal Gunungkidul, pengunjung akan melihat keindahan pasir putih yang berpadu dengan jernihnya air pantai. Saat sedang surut, pengunjung dapat menikmati keindahan aneka biota laut yang berada di dalamnya. Salah satu jenis ikan yang terkenal di Pantai Krakal adalah ikan damselfish. Ikan ini berwarna kuning dengan aksen biru di punggungnya.

Selain itu, terdapat batu karang besar yang tampak seperti jalan setapak di atas permukaan laut. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di sini, mulai dari bersantai di gazebo, menikmati sunset, berfoto, berselancar, snorkeling, hingga mengeksplor pantai kecil di dekat Pantai Krakal yang lokasinya hanya dibatasi batu karang besar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.