Sukses

Jakarta Aquarium dan Safari Sambut Natal dan Tahun Baru dengan Dunia Cokelat dan Kuali Raksasa

Jakarta Aquarium dan Safari menghadirkan beberapa program untuk memeriahkan momen libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Bingung mau ke mana di masa libur Natal dan Tahun Baru? Anda bisa mengisi waktu dengan mengunjungi Jakarta Aquarium dan Safari yang menyiapkan beragam program bertema Whimsical Chocorium sepanjang Desember 2023 hingga Januari 2024.

Wahana akuarium dalam ruang di Jakarta Barat itu menyiapkan dekorasi spesial untuk menyambut pengunjung. Saat memasuki tunnel, pengunjung seolah berada di dunia cokelat dan permen lolipop warna-warni. Tak hanya itu, pengunjung bisa mengikuti gim Sweet Spindle. Terdapat kuali raksasa yang berputar berisi bola warna-warni dan aneka snack yang bisa diambil sebanyak-banyaknya oleh pengunjung yang memainkan gim.

"Di momen yang spesial ini, kami ingin semua pengunjung yang datang ke JAQS merayakan liburan akhir tahun yang memorable. Banyak sekali spot instagramable dan aktivitas bertema Natal seru yang bisa dieksplor, mulai dari dekorasi tunnel 'Whimsical Chocorium', berfoto bersama Santa, games Sweet Spindle yang bertaburan snack, face painting, dan donut decoration," kata Natalia Poetri Handayani, Marketing Communication Manager, Jakarta Aquarium & Safari, dalam rilis yang diterima tim Lifestyle Liputan6.com, beberapa hari lalu.

Program berfoto bersama Santa dan mewarnai wajah akan hadir hanya pada 23--25 Desember 2023. Pengunjung bisa menghiasi wajah dengan karakter Rudolf, Santa, Gingerbread, atau Mistletoe sebelum berfoto bareng Santa yang berdandan dengan jubah merah dan janggut putihnya.

Memeriahkan acara, objek wisata itu juga menghadirkan Christmas Food Market bertema Christmas Holiday bekerja sama dengan beberapa brand. "Yang paling menarik kami memberikan kesempatan para pengunjung selama high season, bebas keluar masuk seharian penuh di area JAQS pada hari yang sama," imbuh Natalia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadirkan Fasilitas VIP

Natalia menyatakan pihaknya juga menyediakan fasilitas VIP Experience selama periode liburan lho. Para pemandu tur yang disebut JAQS Buddies akan membawa pengunjung untuk berkenalan dan berinteraksi secara privat dengan satwa laut dan satwa darat mereka. Tersedia pula kursi terdepan di pertunjukan putri duyung dan parade penguin, dan membantu mengambil foto sebanyak-banyaknya di seluruh spot ikonis.

Jakarta Aquarium dan Safari menyediakan program Aquatrekking dan Funtasy Diving, yakni menyelam bersama ribuan satwa akuatik yang memesona; Anemone Dining alias aquarium date sambil menikmati underwater dining romantis berlatar hiu dan pari besar; menikmati hidangan spesial sambil memberi makan penguin di Pingoo Restaurant, serta membawa pulang oleh-oleh di Ocean Wonder.

Sebelumnya, Jakarta Aquarium dan Safari (JAQS) mengibarkan bendera Merah Putih sepanjang mencapai 25 meter di bawah laut untuk menyambut HUT ke-78 RI. Ini menjadikannya bendera terpanjang yang pernah diibarkan di sebuah akuarium indoor di Indonesia.

"Bukan hanya pengibaran bendera Indonesia sepanjang 25 meter, tetapi juga kita mengadopsi budaya kearifan lokal yang senantiasa selalu ditampilkan di acara 17 Agustus di Indonesia yaitu tarik tambang," ungkap Alexander Zulkarnain, Vice President dari Media Digital dan Event Taman Safari Indonesia saat jumpa pers pada Kamis, 17 Agustus 2023.

3 dari 4 halaman

Oceanarium Baru di Tangsel

Objek wisata serupa juga dibuka di jantung Bintaro, Tangerang Selatan. Dinamai BXSea Oceanarium, itu adalah oceanarium yang berada di lantai dasar Bintaro Jaya Xchange Mall Tahap II yang diresmikan bersamaan pada Jumat, 15 Desember 2023.

Proses pembangunannya dimulai pada 2019, tetapi sempat terhenti karena situasi pandemi Covid-19. Menurut Y. Henky Wijaya, Wakil Direktur Utama PT Jaya Real Property, kehadiran oceanarium itu adalah untuk menghadirkan kegembiraan, bukan hanya yang datang ke mal, tetapi juga yang bekerja di kawasan itu.

"Banyak mal sekarang beralih menjadi tempat makan, tapi kalau hanya tempat makan, rasanya kurang lengkap. Harus dilengkapi fasilitas-fasilitas entertainment agar anak-anak juga bisa bermain," katanya dalam jumpa pers. 

Oceanarium itu menempati area seluas 7.354 meter persegi yang terdiri dari dua lantai. Posisinya berada di antara mal BXc 1 dan 2, yang bisa diakses lewat Stasiun Jurangmangu. Manager BXSea Oceanarium, Sri Agung Agus P menyebutkan sejumlah keunikan dari oceanarium tersebut. Salah satu yang ditonjolkan adalah journey aquarium sepanjang 485 meter. Namun, wahana itu saat ini masih dipersiapkan.

"Kami bisa klaim sebagai yang terpanjang saat ini di Indonesia," katanya.

4 dari 4 halaman

Satwa yang Ditampilkan

Pihaknya merencanakan menghadirkan 140 spesies satwa, baik laut maupun darat, yang dilakukan secara bertahap. Hingga akhir Desember 2023, oceanarium itu direncanakan sudah memiliki 17.000 ekor satwa, dan diharapkan pada Maret 2024, saat grand opening, mereka sudah melengkapinya sampai 25.000 biota.

"Indonesia sangat kaya akan kekayaan laut. 95 persen (koleksi) kita ambil dari lokal, tapi kita juga impor biota yang spesial," katanya. Beberapa di antara koleksi spesial mereka nantinya adalah hiu martil, mobula manta, penguin, dan spider crab.

Agung menyebutkan bahwa terdapat beberapa area yang bisa dilihat pengunjung. Salah satunya akuarium dua lantai yang tingginya mencapai 6,5 meter dan lebar 8 meter. Schooling fish itu diisi berbagai macam ikan, termasuk ikan hiu yang mondar-mandir di permukaan. "Temanya kami ambil Raja Ampat karena memang destinasi wisata di Indonesia ini tak kalah menarik dan unik," ucapnya.

Ada pula Mangrove Zone yang terinspirasi dari penanaman mangrove di Teluk Jakarta. Terdapat kolam sentuh baik untuk satwa air laut maupun air tawar. Tersedia pula Infinity Room yang diisi oleh berbagai spesies ubur-ubur. Ruangannya diatur temaram dengan lampu berpendar warna-warni, menonjolkan keindahan mahluk invertebrata kepada manusia yang hadir. Spot ini bisa dibilang favorit karena hasilnya estetik bila difoto di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.